BEAUTY

Pria, Begini Caranya Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif

Raka Lestari
Senin 31 Januari 2022 / 10:00
Jakarta: Siapa bilang skincare hanya diperuntukkan bagi kaum wanita. Pria juga wajib melakukan perawatan wajah lho. Apalagi, menurut National Center for Biotechnology Information di Amerika Serikat menemukan sekitar 60-70 persen dan 50-60 persen pria memiliki kulit yang sensitif. Jadi, sudah jelas ya kalau kaum pria juga perlu merawat kulitnya. 

Sayangnya, sering kali pemilik kulit sensitif merasa sulit menemukan produk skincare yang tepat. Nah, untuk memudahkanmu, ada dua hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih skincare, di antaranya:

 

Pilih bahan alami

Mereka yang memiliki kulit sensitif perlu mencari produk yang memiliki bahan kimia sesedikit mungkin, yang pada akhirnya mengarah pada produk perawatan kulit yang lebih alami. Menggunakan produk alami mengurangi kemungkinan kulit sensitif bersentuhan dengan zat yang tidak seimbang dengan hormon, serta alkohol yang akan mengeringkan atau mengiritasi kulit.

Oleh karena itu, untuk bahan yang paling alami dan sensitif, Green People menyebutkan produk lidah buaya, ekstrak calendula, ekstrak chamomile, ekstrak marshmallow, shea butter, squalane, dan beeswax sebagai produk yang paling bermanfaat.

Sementara, menurut Glamour bahan yang harus kamu coba perhatikan dan hindari diantaranya adalah retinol, asam salisilat, minyak kelapa, benzoil peroksida, vitamin E, dan hidrokuinon.


(Menurut National Center for Biotechnology Information di Amerika Serikat menemukan sekitar 60-70 persen dan 50-60 persen pria memiliki kulit yang sensitif. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Gunakan produk yang berbeda pada pagi dan malam hari

Memiliki kulit sensitif berarti kulit akan lebih rentan terhadap iritasi dan peradangan karena paparan bahan kimia, pewarna, dan wewangian tertentu. Kulit sensitif juga dapat menyebabkan gangguan fungsi penghalang kulit, sehingga membuat kulit lebih rentan terhadap iritasi.

Beberapa bahan terbaik yang harus dicari dalam perawatan kulit adalah asam hialuronat, ceramides, CoQ10, asam laktat, ekstrak teh hijau, centella asiatica, niacinamide, dan kafein.

Sementara, produk kaya antioksidan harus digunakan di pagi hari untuk melindungi kulit dari iritasi sepanjang hari. Adapun untuk produk yang digunakan pada malam hari adalah produk yang bisa mengeksfoliasi kulit untuk membantu siklus deskuamasi atau pengelupasan pada kulit.
(yyy)

MOST SEARCH