BEAUTY

Ini Masalah Kulit yang Timbul Akibat Penggunaan Masker di Masa Pandemi

Raka Lestari
Jumat 27 Agustus 2021 / 13:00
Jakarta: Pandemi covid-19, membuat masker menjadi salah satu barang yang wajib dipakai dalam segala aktivitas. Penggunaan masker sangat diperlukan untuk mencegah penularan infeksi covid-19. Akan tetapi, penggunaan masker juga dapat menimbulkan berbagai masalah termasuk gangguan pada kulit.

"Pandemi ini memang membuat kita memiliki pola kebiasaan yang baru. Hidup harus tetap berjalan, kita harus beradaptasi virus yang ada. Salah satunya adalah pemakaian masker," kata dr. Susie Rendra, Sp.KK, FINSDV - Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Skin Aesthetic Clinic RSPI - Puri Indah, dalam Webinar Jaga Kulit Tetap Sehat Selama Pandemi, pada Kamis, 26 Agustus 2021.


(Maskne merupakan jerawat  yang muncul di sekitar dagu dan mulut akibat terlalu sering menggunakan masker. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Dr. Susie menyebutkan dua gangguan kulit yang paling sering terjadi akibat penggunaan masker:
 

Maskne

Maskne merupakan istilah baru di masa pandemi, yaitu jerawat yang terjadi akibat pemakaian masker. Jerawat tersebut munculnya di area-area yang tertutup masker. Seperti dagu dan mulut. Sebenarnya jerawatnya sama saja dengan jerawat biasa. Cuma karena adanya di area yang tertutup masker jadi disebutnya maskne," ujar dr. Susie.   

Pada saat menggunakan masker, area dagu dan mulut akan lebih pengap dan berkeringat. Menurut dr. Susie, inilah yang menimbulkan terjadinya jerawat di area tersebut. "Semakin banyak kita berbicara, udara pernapasan akan lebih banyak dikeluarkan sehingga bisa memicu jerawat," ujarnya.

"Untuk mencegah timbulnya maskne, sebaiknya kita sering mengganti masker. Setiap 3-4 jam sekali harus diganti. Kemudian sempatkan untuk mencuci wajar sebelum mengganti masker. Dan bersihkan wajah dengan air suhu normal," saran dr. Susie.


(Dr. Susie menyarankan untuk mencegah Maskne sebaiknya rajin mengganti masker dan mencuci wajah sebelum mengganti masker. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Dermatitis seboroik 

Gangguan kulit lainnya adalah dermatitis seboroik. Ini juga sama penyebabnya, yaitu panas maupun keringat ketika sedang memakai masker," jelas dr. Susie.

Menurut dr. Susie, biasanya dermatitis seboroik ini menyebabkan ruam kemerahan yang bersisik, serta terasa gatal. Penanganannya pun sama seperti maskne, yaitu dengan rajin mengganti masker dan mencuci wajah sebelum mengganti masker. Serta, hindari air panas ketika sedang mencuci wajah.

(yyy)

MOST SEARCH