BEAUTY

Beauty Hacks: Bahan Alami untuk Menyamarkan Rambut Beruban

Yuni Yuli Yanti
Jumat 06 Mei 2022 / 07:00
Jakarta: Rambut putih (uban) biasanya tumbuh pada rambut orang yang sudah berumur. Namun, saat ini baik pria maupun wanita banyak yang sudah mengalami ubanan di usia muda bahkan sebelum usia 30-an. 

Terdapat beberapa faktor pemicu rambut beruban. Tetapi, stres dan kekurangan nutrisi dianggap sebagai dua penyebab utama rambut rontok dan rambut beruban di usia muda.

Gaya hidup yang baik dipercaya mampu mengatasi uban yang muncul terlalu dini. Selain menjalani diet seimbang, kamu juga perlu melakukan beberapa perawatan rambut untuk mencegah dan mengurangi munculnya uban. 

Mengutip dari HealthShots, Dr Monica Kapoor, seorang ahli kosmetik selebriti dan direktur di klinik Flawless Cosmetic dan ILACAD Institute, membagikan  cara perawatan rambut beruban menggunakan bahan alami, seperti di bawah ini!
 


Kentang dan yogurt

Kentang mengandung antioksidan yang dapat membantu menggelapkan rambut. Sementara, yogurt adalah probiotik yang baik untuk meningkatkan kesehatan rambut dan membantu dalam merawat rambut beruban dini.

Untuk membuat masker kentang dan yogurt, pertama-tama rebus beberapa kentang. Setelah beberapa menit, saring dan tiriskan. Lalu, blender kentang hingga halus. Kemudian, tambahkan tiga sendok makan yogurt, aduk rata. Kemudian, oleskan pada helai rambut yang beruban dan kulit kepala, setelah itu bilas setelah beberapa saat.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Masker teh hitam

Teh hitam adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu mencegah rambut beruban. Caranya, rendam teh dalam air sekitar 200ml, lalu gunakan sebagai kondisioner tanpa bilas pada rambut setelah keramas.

Kamu juga bisa merendam daun teh hitam selama 2 jam dalam air hangat dan menggilingnya menjadi pasta halus. Campur dengan beberapa jus lemon dan oleskan sebagai masker rambut selama 40 menit, lalu bilas.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Selamat mencoba!
(yyy)

MOST SEARCH