BEAUTY

Bisa Mengganggu Penampilan, Ini 7 Penyebab Terjadinya Flek Hitam

Raka Lestari
Sabtu 12 Maret 2022 / 11:41
Jakarta: Flek hitam pada kulit atau hiperpigmentasi, terjadi ketika beberapa area kulit memproduksi lebih banyak melanin dari biasanya. Melanin memberi warna pada mata, kulit, dan rambut. Flek hitam pada kulit tidak perlu dikhawatirkan dan tidak memerlukan perawatan.

Meskipun beberapa orang mungkin memilih untuk menghilangkannya, karena alasan estetik. Tergantung pada penyebabnya, orang mungkin menyebut beberapa jenis bintik hitam pada kulit sebagai age spot atau bintik matahari.

Dilansir dari Medical News Today, berikut ini adalah penyebab terjadinya flek hitam pada kulit:
 

1. Sinar matahari


Sering juga disebut dengan bintik matahari, solar lentigines, atau bintik-bintik hati, orang dapat mengembangkan flek hitam pada kulit mereka setelah terkena sinar matahari atau tanning bed. Area tubuh yang paling sering terkena paparan sinar matahari, seperti wajah, tangan, atau lengan, paling mungkin mengalami flek hitam.
 

2. Perubahan hormon


Melasma adalah kondisi kulit yang menyebabkan bercak kecil perubahan warna kulit. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita, terutama selama kehamilan. Menurut American Academy of Dermatology, hormon dapat memicu terjadinya melasma.
 

3. Efek samping obat-obatan


Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan pigmentasi kulit dan menyebabkan timbulnya flek-flek hitam. Penyebab paling umum dari flek hitam adalah konsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), tetrasiklin, dan obat psikotropika.
 

4. Inflamasi


Flek-flek hitam dapat berkembang setelah terjadinya inflamasi atau peradangan pada kulit. Peradangan dapat terjadi karena berbagai alasan. Mulai dari eksim, psoriasis, cedera pada kulit, dan jerawat.
 

5. Penyembuhan luka


Flek hitam mungkin akan tetap ada setelah kulit mengalami gigitan serangga, luka bakar, atau luka sembuh. Akan tetapi, kondisi ini biasanya akan memudar seiring waktu.
 

6. Iritasi


Kosmetik kulit atau berbagai produk perawatan rambut dapat menyebabkan iritasi pada kulit.  Pada akhirnya bisa menyebabkan terbentuknya flek atau bercak-bercak hitam pada kulit.
 

7. Diabetes


Diabetes dapat menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap. Kondisi yang terkait dengan diabetes, di antaranya adalah acanthosis nigricans, yang menyebabkan kulit menjadi gelap, seperti beludru, dan bintik-bintik tulang kering atau dermopati diabetik, yang mungkin oleh beberapa orang dianggap sebagai bintik-bintik penuaan.
(FIR)

MOST SEARCH