BEAUTY

5 Cara Ampuh Mencegah Jerawat

Yuni Yuli Yanti
Senin 16 November 2020 / 08:38
Jakarta: Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang pernah dialami oleh hampir setiap orang. Meski, tak menimbulkan masalah kesehatan lain, tapi kemunculan jerawat bisa mengganggu penampilan. 

Nah, agar jerawat tidak muncul, ikuti beberapa cara ini secara teratur ya:

1. Rutin membersihkan wajah

Mencuci muka saat bangun tidur akan membantu mencegah kotoran mengendap di pori-pori. Sementara, mencuci wajah di malam hari akan menghilangkan kotoran setelah kamu beraktivitas sehari-hari. Kedua cara ini dapat mencegah penyumbatan pori-pori yang sering menyebabkan timbulnya jerawat.

2. Hindari kosmetik berbahan minyak

Bila jenis kulitmu berminyak, sebaiknya hindari produk wajah yang mengandung minyak, karena minyak cenderung menyumbat pori-pori. Meskipun, kulit harus tetap lembap, pilih produk yang tidak berbahan dasar minyak.


(Memencet jerawat dapat menyebabkan jaringan parut dan mengiritasi kulit sehingga menimbulkan jerawat lain. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Jangan dipencet!

Cara ini mungkin jadi yang paling sulit ya. Pasalnya, tangan suka tidak bisa ditahan untuk memencet, mencongkel atau menggaruk jerawat. Namun, kebiasaan ini harus kamu hentikan ya! Karena memencet jerawat dapat menyebabkan jaringan parut dan mengiritasi kulit sehingga menimbulkan jerawat lain.

4. Tetap terhidrasi

Minum banyak air akan menjaga kulitmu tetap terhidrasi, yang akan mencegah pori-pori menutup dan terperangkap dalam bakteri penyebab jerawat. Menggunakan pembersih berbahan dasar air juga akan membantu menghilangkan kuman di kulit dan pori-pori. 

5. Istirahat 

Tubuh manusia sangat menarik! Saat kamu tidur, tubuh akan bekerja untuk mengganti sel-sel kulit mati dan yang rusak dengan sel-sel yang baru. Sehingga, kulit menjadi lebih sehat. Banyak istirahat penting untuk proses ini!

(yyy)

MOST SEARCH