BEAUTY

Mengenal Bakuchiol Bahan Aktif Skincare Pengganti Retinol

Yuni Yuli Yanti
Selasa 20 September 2022 / 11:00
Jakarta: Ladies, pernahkah kamu mendengar keajaiban bahan skincare bakuchiol yang disebut-sebut mempunyai kegunaan yang sama dengan retinol? Seperti diketahui, retinol adalah bahan aktif dalam skincare yang dapat mencerahkan kulit sekaligus mencegah anti-aging. 

Namun, karena dianggap terlalu keras dan tidak bisa dipakai oleh kulit sensitif, wanita hamil dan menyusui. Maka, tak sedikit yang ragu menggunakan retinol dan mulai beralih ke bakuchiol. 

Bakuchiol adalah bahan anti penuaan yang ditemukan dalam biji dan daun tanaman psoralea corylifolia atau babchi, dan dikenal sebagai tanaman batch. Tanaman ini banyak digunakan dalam obat-obatan Ayurvedic. Bahan aktif ini memiliki sifat sebagai antioksidan, antiinflamasi dan antibakteri dan memberikan efek menenangkan.

Cara kerja kandungan bakuchiol memang tidak terlalu cepat seperti retinol yang hasilnya terlihat langsung. Karena bakuchiol konsentrasinya lebih lembut daripada retinol, sehingga aman digunakan untuk semua jenis kulit.


(Istimewanya, bakuchiol bisa digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The British Journal of Dermatology, ada pengujian yang mencatat dampak yang dimiliki retinol dan bakuchiol pada kulit. Rupanya para ahli tidak menemukan perbedaan dalam pengurangan kerutan atau peningkatan hiperpigmentasi di antara keduanya. Keduanya hampir memiliki dampak yang sama.

Bakuchiol ini memiliki manfaat utama yang bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit, karena sifatnya sebagai antioksidan. Bahan aktif ini juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah, melembutkan tekstur kulit, merangsang sel kulit baru dan meningkatkan produksi kolagen di kulit.

Dan, istimewanya lagi bakuchiol bisa digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Namun, meskipun terbukti aman kamu harus tetap konsultasikan kepada ahlinya jika ingin menggabungkan bakuchiol dengan produk skincare lainnya ya. 
(yyy)

MOST SEARCH