BEAUTY

Waspada! Makan Gorengan Pengaruhi Kesehatan Kulitmu

Raka Lestari
Jumat 01 April 2022 / 11:10
Jakarta: Mengonsumsi gorengan ketika berbuka puasa sudah menjadi tradisi Ramadan di Indonesia. Tekstur gorengan yang renyah dan tidak terlalu membuat kenyang bisa menjadi pilihan yang cocok untuk dijadikan hidangan berbuka sambil menunggu waktu untuk makan berat.

Namun sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya gorengan secara berlebihan. Nyatanya, makan gorengan berlebihan bisa berdampak juga pada kesehatan kulit.

“Gorengan itu kan pakai tepung, selain itu digoreng juga. Hal ini sangat tidak baik untuk jerawat. Paling sering, pada orang yang mudah berjerawat itu bisa menyebabkan jerawat,” kata Spesialis Kulit dan Kelamin Bamed, dr. Aninda Marina, SpDV, dalam Virtual Media Briefing.

Menurut dr. Adinda, pada beberapa orang yang memiliki inflamasi seperti eksim atau psoriasis, mengonsumsi makanan manis dan tepung justru bisa meningkatkan reaksi inflamasi. Jadi bisa menyebabkan flare up pada peradangan.

Sementara itu dr. Adhimukti T. Sampurna, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV, Chief Medical Ancillary Services Officer Bamed menyarankan, jika memang ingin mengonsumsi gorengan ketika berbuka puasa, orang yang memiliki inflamasi bisa memilih alternatif yang lebih sehat.

“Misalnya daripada digoreng, mungkin bisa menggunakan air fryer. Atau alternatif lain, bisa diganti jangan menggunakan tepung terigu tetapi menggunakan tepung kelapa atau tepung lainnya yang lebih sehat. Gulanya juga diganti, bisa dengan madu atau pemanis buatan yang lebih sehat,” tutur dr. Adhi.

Agar kulit tetap sehat selama Ramadan, dr. Marina menekankan agar memilih makanan yang tepat dengan gizi seimbang. Pastikan kamu mengonsumsi karbohidrat kompleks rendah gula, protein, sayur dan buah buahan yang kaya vitamin A, B dan C dalam makanan buka puasa dan sahur.

“Vitamin tersebut bermanfaat untuk regenerasi kulit sehingga kulit selalu sehat. Mengingat nutrisi dapat berkurang saat berpuasa, maka sebaiknya rutin menambahkan suplementasi vitamin D pada rutinitas. Vitamin D selain dapat mencegah kekambuhan penyakit kulit seperti eksim juga dapat memperbaiki imunitas saat berpuasa,” tutur dr. Marina.

"Jangan lupa menggunakan tabir surya yang berfungsi untuk mencegah sinar UVA dan UVB yang dapat merusak sel kulit dan penuaan. Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dengan minimal PA++," pungkas dr. Marina.
(FIR)

MOST SEARCH