Energi Panas Bumi. Foto: AFP.
Energi Panas Bumi. Foto: AFP.

Empat Jenis EBT Kerap Digunakan Dalam Dunia Industri

Arif Wicaksono • 25 Januari 2023 18:40
Jakarta: Pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) semakin semarak di tengah upaya memajukan ekonomi hijau. Penggunaan green economy sebagai langkah untuk mengurangi polusi udara karena bahan bakar karbon.
 
baca juga: Indonesia Udah Gak Impor Minyak Bumi hingga Gas Alam di 2045, Terus Pakai Apa Dong?

EBT pada prinsipnya merupakan energi yang berasal dari alam. Jenisnya beraneka rupa dan tak semuanya menjadi komoditi menarik bagi pebisnis. Medcom.id merangkum berbagai bauran energi yang bisa digunakan sebagai pembangkit energi untuk keperluan industri.

1. Energi Panas Bumi

Energi panas bumi terdapat di pusat bumi dan berasal dari peluruhan radioaktif. Energi inilah yang memanaskan bumi dari dalam.
 
Dalam penggunaan panas bumi sebagai sumber energi terbarukan, ada tiga hal yang biasa dilakukan, yaitu sebagai sumber energi panas untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi.
 
Sebagai sumber panas yang dapat dimanfaatkan secara langsung dengan memasukkan pipa ke dalam perut bumi. Sebagai pompa panas dengan cara dipompa secara langsung dari dalam perut bumi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Panas bumi merupakan salah satu bentuk energi termal atau panas yang dihasilkan serta disimpan di dalam bumi. Energi ini berasal dari energi yang merupakan hasil dari proses pembentukan planet (20 persen) serta peluruhan mineral dan radioaktif (80 persen).
 
Di Indonesia terdapat 13 Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) dengan panas bumi yang termanfaatkan telah mencapai 1.948,5 MW. Sampai dengan 2022, sudah ada kapasitas PLTP sebanyak 2.343 MW.

2. Energi Matahari

Energi surya atau energi matahari adalah energi yang diperoleh dengan cara mengumpulkan panas yang berasal dari sinar matahari.
 
Jenis energi terbarukan yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik, memanaskan bangunan, hingga memanaskan makanan.  Panas sinar matahari sendiri dikumpulkan melalui menara surya atau panel sel surya.
 
Panel surya sudah semakin akrab ditelinga masyarakat. Sudah banyak rumah atau pabrik yang menggunakan panel surya untuk menghidupi operasional kegiatannya.  Kapasitas Pembakit Listrik Tenaga Sury (PLTS) di indonesia sudah sebesar 250 MW pada  2022.

3. Energi Angin

Angin sudah lama dikenal sebagai pergerakan udara yang mampu menggerakkan kincir angin atau turbin, yang kemudian dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik maupun energi kinetik.
 
Besarnya energi yang dihasilkan lewat sistem pembangkit tenaga angin bergantung pada seberapa tinggi kecepatan angin. Semakin tinggi kecepatan angin, makin besar energi keluaran (output) yang dihasilkan oleh turbin.
 
Di Indonesia Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/ angin (PLTB) dapat ditemui di Sidrap dan Jeneponto, Sulawesi Selatan, ada pula di Tanah Laut – Kalimantan Selatan. Kapasitas PLTB sudah mencapai 154 MW di 2022.

4. Energi Air

Dalam pemanfaatan air sebagai sumber energi dengan menggunakan turbin air yang digunakan dengan desain yang bertujuan untuk mendapatkan energi dari beragam penampungan (reservoir), dan memperhitungkan massa, ketinggian, serta kecepatan aliran air.
 
Sebagai sumber energi, tenaga air dimanfaatkan dengan berbagai metode, seperti bendungan air besar untuk pembangkit listrik. Metode mikrohidro untuk pembangkit listrik yang dapat menghasilkan daya sampai dengan 100 kW dan umum ditemukan di wilayah terpencil.
 
Sampai saat ini kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sudah mencapai 6,678 MW.

5. Energi Biomassa.

Biomassa ini merupakan sumber energi terbarukan yang digunakan untuk menghasilkan bahan bakar biofuel. Jenis sumber energi ini berasal dari biomassa atau organisme, termasuk di dalamnya produk dari proses metabolisme hewan seperti kotoran.
 
Jenis energi yang satu ini dapat digunakan sebagai bahan bakar secara langsung, atau diolah untuk menghasilkan bahan bakar jenis lainnya. Misal biodiesel, biogas, dan bioethanol, bergantung pada sumbernya.
 
Biomassa sudah digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLBTM) yang kapasitasnya sudah mencapai 5,5 Gw.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif