Satekit BRI. ANTARA/Ismar Patrizk.
Satekit BRI. ANTARA/Ismar Patrizk.

BRI Berencana Luncurkan Satelit Baru 2023

Ekonomi satelit brisat
MetroTV • 15 Agustus 2019 01:04
Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia berencana meluncurkan satelit baru pada 2023 mendatang. Ini untuk modernisasi layanan digital dan menguragi risiko hambatan jaringan.
 
"Satelit tambahan tersebut akan memanfaatkan lokasi di kordinat 103 Bujur Timur (BT), serta memanfaatkan slot orbit yang kosong. Manfaat dari satelit tersebut nantinya akan memiliki jangkauan luas dari sebelumnya" ujar Direktur Utama BRI Suprajarto, di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Satelit tersebut membuat BRI lebih efektif dalam komunikasi dan potensi bisnis yang meningkat. Satelit baru tersebut akan berteknologi high throughput satelite dengan kapasitas sebesar 100Gb/s.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya BRI telah memiliki satelit bernama BRISat, satelit tersebut telah beroperasi di Papua pada tahun 2016. Pengoperasian secara mandiri ini dilakukan setelah adanya penyerahan secara langsung oleh Arianespace yang merupakan perusahaan jasa antariksa asal Prancis.
 
Baca:BRI Alokasikan Empat Transponder BRIsat untuk Pemerintah
 
Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BRI Indra Utoyo mengatakan satelit BRISat berada di Papua atau wilayah timur Indonesia. BRI perlu menambah satelit untuk meningkatkan kualitas jangkauan di wilayah barat.
 
Sampai saat ini pihak BRI masih menyimpan data melalui kerja sama operator telekomunikasi (satelit) lain, namun hal tersebut akan segera mengalami perubahan terkait satelit baru. satelit tambahan tersebut akan menjadi cadangan ketika BRISat mengalami masalah. (Irfan Adi Darmawan)
 

(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif