NEWSTICKER
Virus Korona. Foto : AFP.
Virus Korona. Foto : AFP.

5 Berita Ekonomi Populer Sepekan, Korona Masih Jadi Perhatian

Ekonomi Berita Menarik Ekonomi Sepekan
Nia Deviyana • 23 Februari 2020 17:00
Jakarta: Berita mengenai virus korona dan dampaknya terhadap perekonomian masih menjadi salah satu topik populer dalam sepekan. Begitu juga stok bahan pangan jelang Ramadan yang menempati posisi teratas.
 
Topik populer lainnya disusul rencana Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang akan mengambil peluang dari kunjungan Raja dan Ratu Belanda.
 
Tidak ketinggalan, kebijakan Bank Negara Indonesia (BNI) yang kemungkinan menurunkan suku bunganya seiring penurunan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia (BI) sebesar 25 bps menjadi 4,75 persen. Di peringkat terakhir, sektor industri dalam negeri turut menjadi topik terpopuler.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Medcom.id merangkum lima berita yang menjadi topik populer dalam sepekan. Rangkuman ini sebagai referensi bagi pembaca yang memantau isu ekonomi terkini.
 
1. Pemerintah Pastikan Stok Bawang dan Cabai Jelang Ramadan
 
Pemerintah segera mengambil langkah antisipasi meningkatnya kebutuhan pangan di Ramadan dan Lebaran 2020. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyiapkan berbagai kebutuhan pangan, khususnya yang belakangan sudah mulai mengalami kenaikan harga.
 
Dirinya menambahkan pemerintah memastikan stok cabai hingga bawang putih yang mengalami kenaikan harga tetap terjamin. Bahkan untuk bawang putih, pemerintah telah membuka impor guna menambah stok yang saat ini dimiliki sampai dengan akhir Maret.
 
Baca artikel selengkapnya di sini.
 

2. Singapura Siapkan USD4,02 Miliar untuk Atasi Korona
 
Singapura menyiapkan 5,6 miliar dolar Singapura atau senilai USD4,02 miliar untuk menyelamatkan bisnis dan konsumsi domestik dari wabah virus korona. Wakil Perdana Menteri Keuangan Singapura, Heng Swee Keat menjabarkan langkah-langkah ekonomi yang akan dilakukan.
 
Baca artikel selengkapnya di sini.
 
3. BKPM Bidik Investasi dari Kunjungan Raja dan Ratu Belanda
 
Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengatakan siap menyambut investasi asal Belanda saat kunjungan kenegaraan Raja Willem-Alexander dan Ratu Máxima pada 10-13 Maret 2020.
 
Plt Deputi Pengembangan Iklim Penanaman Modal BKPM, Yuliot mengatakan, sejauh ini masih dibahas komitmen investasi yang akan ditandatangani antara Indonesia dan Belanda. Begitu pula perkiraan nilai investasinya.
 
Baca artikel selengkapnya di sini.
 
4. BNI Ikut Mekanisme Pasar soal Penurunan Bunga
 
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menyebut transmisi penurunan suku bunga acuan kepada suku bunga perbankan akan mengikuti mekanisme pasar. BNI menilai penurunan suku bunga oleh Bank Indonesia (BI) bertujuan untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi.
 
Baca artikel selengkapnya di sini.
 
5. Bahan Baku Industri Tekstil Dalam Negeri Melimpah
 
Kementerian Perindustrian mengklaim ketersediaan bahan baku domestik Industri tekstil dan produk tesktil (TPT) dalam negeri melimpah. Hal ini seiring beroperasinya fasilitas produksi viscose rayon PT Asia Pacific Rayon (APR) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau.
 
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan terdongkraknya kapasitas nasional di sektor padat karya tersebut bakal mampu menyubstitusi produk impor dan mengisi pasar ekspor. Kehadiran unit produksi ini diharapkan bisa mengurangi ketergantungan impor terhadap bahan baku tekstil seperti kapas.
 
Baca artikel selengkapnya di sini.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif