NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: AFP.
Ilustrasi. Foto: AFP.

Berita Sepekan

Lima Berita Top Ekonomi, Pencegahan Korona hingga Kemajuan Perang Dagang

Ekonomi Berita Menarik Ekonomi Sepekan
Arif Wicaksono • 09 Februari 2020 17:16
Jakarta: Topik berita ekonomi mengenai virus korona beserta perkembangan terkini perang dagang merajai pemberitaan sepekan terakhir. Topik itu meliputi perdagangan luar negeri Indonesia dalam konteks perang dagang serta dampak dari pengaruh virus korona.
 
Beberapa artikel yang menjadi populer seperti larangan pemerintah terhadap komoditas asal Tiongkok serta kemajuan penghapusan tarif dari Tiongkok terhadap barang-barang dari Amerika Serikat (AS). Medcom.id merangkum lima berita terpopuler sepekan beserta link berita untuk menjadi rujukan pembaca.
 
Pemerintah Tetapkan Larangan Komoditas Asal Tiongkok
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah akan menetapkan komoditas asal Tiongkok yang tidak boleh masuk ke Indonesia. Larangan ini tak lepas dari penyebaran virus korona di Tiongkok yang dikhawatirkan meluas ke negara-negara lain termasuk Indonesia.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penetapan komoditas yang akan dilarang masuk sebagaimana koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait. Namun komoditas apa saja yang akan dilarang masih akan dibahas dalam rapat lanjutan besok. Dia mengatakan hal ini akan dikoordinasikan antara (Kementerian) Perdagangan, Bea Cukai, dan BPOM.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 
Tiket KA Bandara hanya Rp30 Ribu
 
PT Railink memberikan potongan harga sebesar 57 persen bagi penumpang Kereta Api (KA) Bandara di Stasiun BNI City dan Stasiun Manggarai. Para penumpang hanya dikenakan tarif Rp30 ribu dari harga sebelumnya Rp70 ribu per tiket.
 
Berdasarkan akun instagram resmi Railink @kabandararailink, Selasa, 4 Februari 2020, Railink memberikan diskon khusus itu pada jam-jam tertentu, yakni pagi dan malam hari.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 
OJK Permudah Penyehatan Bank Muamalat
 
Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K Permana mengatakan restu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempermudah langkah konsorsium Al Falah dalam menyehatkan bank syariah itu. Persetujuan aksi korporasi saat ini tinggal menunggu proses administrasi.
 
Achmad sudah menyiapkan rencana jangka pendek setelah likuditas bank Muamalat kembali menguat. Ia berencana mengubah model bisnis dari pendanaan di segmen usaha korporasi menjadi ke segmen ritel.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 
Tiongkok Pastikan Pangkas Separuh Tarif Impor Barang AS
 

Tiongkok mengumumkan akan memangkas separuh tarif impor pada ratusan barang Amerika Serikat (AS) senilai sekitar USD75 miliar. Melansir CNBC International, Kamis, 6 Februari 2020, Kementerian Keuangan Tiongkok menyatakan tarif balasan dipotong dari 10 persen menjadi lima persen, dari lima persen menjadi 2,5 persen.
 
Penyesuaian akan mulai berlaku mulai 14 Februari pukul 01.01 waktu Beijing, atau bersamaan dengan AS yang juga akan memangkas separuh tarif pada barang-barang Tiongkok yang totanya mencapai USD120 miliar, sesuai dengan keputusan Januari lalu.
 

Baca berita selengkapnya di sini.
 
Mendag: UU IA-CEPA Bagian Transformasi Indonesia
 
Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement/IA-CEPA) telah disepakati Pemerintah dan DPR RI menjadi undang-undang. Kehadiran landasan hukum tersebut akan memperkuat peningkatan kinerja sektor perdagangan.
 
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menjelaskan bahwa dengan disetujuinya RUU ini, DPR bersama Pemerintah telah melaksanakan amanat konstitusional sebagai tanda pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi seluruh rakyat Indonesia.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif