NEWSTICKER
Presiden Joko Widodo. Foto: Antara/Wahyu Putro.
Presiden Joko Widodo. Foto: Antara/Wahyu Putro.

Jokowi Ingin Pariwisata Indonesia Bersaing dengan Negara Tetangga

Ekonomi pariwisata indonesia
Nur Azizah • 17 Februari 2020 15:06
Jakarta: Presiden Joko Widodo ingin pariwisata Indonesia bersaing dengan negara tetangga. Berdasarkan data dari Travel and Tourism Competitiveness Index, pariwisata Indonesia berada di posisi 40 besar dunia.
 
Indonesia kalah dari Singapura yang berada di posisi 17 dunia, Malaysia peringkat 29 dunia, dan Thailand 31 dunia.
 
"Ini menjadi catatan kita ke depan. Untuk meningkatkan peringkat perlu memperbaiki empat sub indeks dan 14 pilar yang menjadi tolak ukur index daya saing pariwisata dunia," kata Jokowi dalam membuka rapat terbatas terkait Peningkatan Pariwisata Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 17 Februari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi Ingin Pariwisata Indonesia Bersaing dengan Negara Tetangga
Kawasan wisata Labuan Bajo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Foto dok. MI
 
Empat sub indeks tersebut ialah Enabling Environment (iklim yang mendukung), Travel and Tourism Policy and Enabling Conditiong (kebijakan dan kondisi yang mendukung pariwisata), infrastruktur, serta sumber daya alam dan budaya. Sub indeks ini kemudian memiliki 14 pilar lain, serta 90 indikator.
 
Jokowi heran pariwisata Indonesia masih kalah. Padahal, Indonesia memiliki lima keunggulan dibandingkan negara lain.
 
"Lima keunggulan itu berkaitan dengan daya saing harga, prioritas kebijakan, daya tarik alam, keterbukaan, dan daya tarik budaya dan kunjungan bisnis," tutur dia.
 
Jokowi mengakui ada beberapa kelemahan di bidang lingkungan berkelanjutan, kesehatan, kebersihan, infrastruktur pariwisata, serta keamanan. Indonesia pun masih minim kesiapan teknologi informasi. Namun, semua itu masih dalam pembenahan.
 
"Saya kira catatan-catatan ini harus kita jadikan acuan dalam bekerja ke depan, dengan target-target yang terukur dan jelas," pungkas dia.
 

 

(AZF)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif