IHSG. Foto : Medcom.
IHSG. Foto : Medcom.

Ini Sentimen Domestik dan Mancanegara yang Pengaruhi IHSG

Arif Wicaksono • 06 Februari 2023 09:07
Jakarta: Pada perdagangan kemarin Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat sebesar 0,31 persen atau 21,16 poin di level 6.911,73. IHSG hari ini diprediksi bergerak mixed dalam range level 6.875-6.966.
 
baca juga: Happy Weekend, IHSG Sepekan Positif

Financial Expert Ajaib Sekuritas Chisty Maryani mengatakan sentimen dari dalam negeri datang dari kelanjutan infrastruktur IKN secara keseluruhan telah berjalan 14 persen sesuai dengan rencana.
 
"Hingga saat ini, 31 paket telah dikerjakan diantaranya hunian pekerja, jalan logistik, jalan tol, komplek kantor dan istana negara, komplek kementerian koordinator, dan lain-lain," jelas dia dalam risetnya, Senin, 6 Februari 2023.
 
Sementara itu, Kementerian Perdagangan berencana akan menambah pasokan MinyaKita dari 300 ribu ton per bulan menjadi sebanyak 450 ribu per bulan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu penyebab kelangkaan MinyaKita adalah mulai berjalannya implementasi Biodiesel 35 (B35), sehingga suplai minyak sawit mentah (crude palm oil) dialihkan kepada program B35.
 
Dari mancanegara, unemployment rate Amerika Serikat pada periode Januari 2023 tercatat turun ke level 3,4 persen. Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat juga menyatakan Non Farm Payrolls meningkat menjadi 517 ribu pada periode Januari 2023, lebih tinggi dibanding periode akhir tahun lalu yang tercatat sebesar 260 ribu.
 
"Capaian tersebut di atas konsensus sebelumnya dan mencerminkan data tenaga kerja AS masih kuat sehingga menurunkan kekhawatiran adanya penurunan aktivitas manufaktur dan tingginya tingkat PHK," jelas dia.  

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id


 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif