Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Apa Itu Window Dressing? Berikut Cara Kerja hingga Contohnya

Ekonomi Pasar Saham laporan keuangan Manajer Investasi Window Dressing Glosarium
Ade Hapsari Lestarini • 05 Januari 2022 16:34
Jakarta: Memoles kinerja laporan akhir tahun menjadi salah satu yang kerap dilakukan manajer investasi. Biasanya, window dressing dilakukan menjelang tutup buku atau akhir tahun.
 
Melansir Investopedia, Rabu, 6 Januari 2022, window dressing adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan reksa dana dan manajer portofolio lainnya. Tujuannya untuk meningkatkan penampilan kinerja reksa dana sebelum disajikan kepada klien atau pemegang saham.
 
Untuk window dressing, fund manager menjual saham dengan kerugian besar dan membeli saham yang sedang naik daun menjelang akhir kuartal atau tahun. Sekuritas ini kemudian dilaporkan sebagai bagian dari kepemilikan dana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Istilah ini juga dapat merujuk pada tindakan yang diambil oleh perusahaan untuk memperbaiki laporan keuangan mereka yang akan datang. Seperti, menunda pembayaran atau mencari cara untuk membukukan pendapatan lebih awal.

Cara kerja window dressing

Lalu bagaimana cara kerja dari window dressing ini?
 
Laporan kinerja dan daftar kepemilikan dalam reksa dana biasanya dikirim ke klien setiap kuartal. Klien menggunakan laporan ini untuk memantau pengembalian investasi dana.
 
Ketika kinerja tertinggal, manajer reksa dana dapat menggunakan window dressing, yakni menjual saham yang mengalami kerugian besar dan menggantinya dengan saham yang diharapkan menghasilkan keuntungan dalam jangka pendek. Ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja saat periode pelaporan.
 
Bentuk window dressing lainnya yakni investor bisa berinvestasi memasukkan variasi saham yang tak sesuai dengan profil portofolio mereka. Misalnya, dana logam mulia bisa diinvestasikan ke dalam saham sektor yang sedang populer saat itu. Hal ini menyamarkan kepemilikan dana dan berinvestasi di luar cakupan strategi investasi dana tersebut.
 
 
Halaman Selanjutnya
  Contoh window dressing Dana…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif