Ilustrasi. Foto: Antara/Aprilio Akbar
Ilustrasi. Foto: Antara/Aprilio Akbar

Restrukturisasi Pinjaman Leasing Capai Rp176,33 Triliun

Ekonomi OJK Kredit Kendaraan
Husen Miftahudin • 27 Agustus 2020 14:05
Jakarta: Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riswinandi menyampaikan angka realisasi restrukturisasi pinjaman di perusahaan pembiayaan atau leasing terus mengalami kenaikan. Hingga 26 Agustus 2020, jumlah kredit perusahaan leasing yang sudah direstrukturisasi mencapai sebanyak Rp176,33 triliun.
 
"Ini terus berkembang, data yang kita proses sampai dengan 26 Agustus itu naik jumlah kontraknya. Kontrak permohonan restrukturisasi yang masih dalam proses itu 5,1 juta dengan realisasi restrukturisasinya sudah mencapai 4,5 juta," ujar Riswinandi dalam telekonferensi Perkembangan Kebijakan OJK dan Industri Jasa Keuangan di Jakarta, Kamis, 27 Agustus 2020.
 
Jumlah restrukturisasi kredit ini mengalami kenaikan bila dibandingkan posisi 19 Agustus 2020 di mana total outstanding keringanan pinjamannya mencapai sebesar Rp162,34 triliun dari 4,34 juta nasabah. Hingga saat ini, 182 perusahaan leasing yang terdaftar di regulator sudah mengimplementasikan program restrukturisasi pinjaman ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun total permohonan restrukturisasi yang masuk ke perusahaan pembiayaan per 19 Agustus 2020 mencapai 4,96 juta kontrak. Artinya, sebanyak 334.538 kontrak restrukturisasi di antaranya masih dalam proses persetujuan.
 
Dalam restrukturisasi ini, Riswinandi mengatakan bahwa perusahaan leasing meminta nasabah yang memang memenuhi kriteria untuk datang langsung ke kantor perusahaan pembiayaan. Nasabah yang terdampak pandemi covid-19 dan membutuhkan keringanan kredit harus proaktif.
 
"Cuma memang kendalanya mungkin tidak semuanya ini mau datang atau merasa tidak memenuhi kriterianya. Karena memang yang banyak itu (pinjaman untuk kebutuhan) konsumtif daripada kegiatan usaha. Tapi kita tetap buka kesempatannya," paparnya.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif