Logo Monte Dei Paschi (REUTERS/Max Rossi)
Logo Monte Dei Paschi (REUTERS/Max Rossi)

Italia Siapkan Dana Bailout untuk Monte dei Paschi

Ekonomi perbankan ekonomi italia
Angga Bratadharma • 08 Desember 2016 08:04
medcom.id, Roma: Italia sedang mempersiapkan dana bailout untuk Monte dei Paschi di Siena (BMPS.MI) dengan harapan bank diselamatkan oleh pendanaan swasta. Adapun langkah itu diperkirakan akan diambil usai Perdana Menteri Matteo Renzi memutuskan untuk mengundurkan diri.
 
Monte dei Paschi harus menaikkan struktur permodalan sebesar 5 miliar euro (USD5,4 miliar) pada akhir Desember untuk menghindari risiko di batas bawah. Namun sayangnya, investor enggan untuk menyediakan uang tunai setelah Renzi kalah dalam sebuah referendum pada Minggu lalu dan mengumumkan untuk mengundurkan diri.
 
Mengutip Reuters, Kamis 8 Desember, dia diperkirakan akan meninggalkan kantor secepatnya dan dapat diganti dengan menteri ekonomi saat ini atau politisi terkemuka lain. Pemilihan awal mungkin akan diselenggarakan di tahun depan dan menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor bahwa maverick, partai anti-euro bisa datang ke kekuasaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Monte dei Paschi Beri Stimulus Pergerakan Bursa Saham Eropa
 
krisis seperti itu dapat menggoyahkan sektor perbankan secara keseluruhan, dibebani dengan kredit macet sebesar 360 miliar euro dan menimbulkan kerugian besar pada puluuhan ribuan orang Italia. Tentu kondisi semacam itu diharapkan tidak terjadi dan pemulihan ekonomi secara keseluruhan dapat terjadi.
 
Monte dei Paschi, dinilai menjadi pemberi pinjaman terlemah dalam tes stres Eropa di musim panas ini, telah merencanakan untuk mengamankan komitmen yang kuat dari satu atau lebih investor dan meluncurkan penjualan saham pada awal Rabu atau Kamis.
 
Jika rencana rekapitalisasi pribadi Monte dei Paschi ini gagal, Pemerintah Italia diharapkan masuk dan memompa sejumlah likuiditas ke bank untuk menghindari terjadinya sebuah krisis, bankir dan pejabat Eropa mengatakan. Tentu hal semacam ini perlu menjadi perhatian agar permasalah tidak merembet luas.
 
Baca: Regulator Inggris Berpeluang Meninjau Proses Privatisasi RBS
 
Saham pemberi pinjaman tersebut berfluktuasi liar pada awal perdagangan Senin, dengan pertemuan investasi bank untuk memutuskan apakah akan kembali melakukan panggilan tunai atau tidak. Di bawah kesepakatan pra-underwriting, transaksi mereka bisa jatuh karena kondisi pasar yang merugikan.
 

 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif