Presiden Bank Dunia David Malpass. Foto: AFP.
Presiden Bank Dunia David Malpass. Foto: AFP.

100 Juta Orang Masuk Kemiskinan Ekstrem Jika Covid-19 Berlarut

Ekonomi Bank Dunia kemiskinan pandemi covid-19
Ade Hapsari Lestarini • 21 Agustus 2020 13:43
Washington: Presiden Bank Dunia David Malpass memperingatkan pandemi virus korona kemungkinan telah mendorong sebanyak 100 juta orang kembali ke dalam kemiskinan ekstrem.
 
Lembaga pemberi pinjaman yang berbasis di Washington ini sebelumnya memperkirakan 60 juta orang akan jatuh ke dalam kemiskinan ekstrem karena covid-19. Namun perkiraan baru menyebutkan ada 70 juta hingga 100 juta.
 
"Jumlah itu bisa lebih tinggi jika pandemi memburuk atau berlarut-larut," tutur Malpass, dilansir dari AFP, Jumat, 21 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam wawancaranya dengan AFP, Malpass mengatakan situasi ini membuat kreditur harus mengurangi jumlah utang di negara-negara miskin yang berisiko. Sehingga, melampaui komitmen untuk menangguhkan pembayaran utang. Meski begitu, lebih banyak negara akan berkewajiban merestrukturisasi utangnya.
 
Negara-negara maju di Kelompok 20 telah berkomitmen untuk menangguhkan pembayaran utang dari negara-negara termiskin hingga akhir tahun. Serta, ada dukungan yang tumbuh untuk memperpanjang moratorium tersebut hingga tahun depan.
 
Tetapi Malpass mengatakan itu tidak akan cukup karena kemerosotan ekonomi dari negara-negara tersebut, yang sudah berjuang untuk menyediakan jaring pengaman bagi warganya, tidak akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menangani pembayaran.
 
Menurut dia, jumlah pengurangan utang yang dibutuhkan akan bergantung pada situasi di masing-masing negara. Kebijakan di setiap negara dinilainya sangat masuk akal.
 
"Jadi, saya pikir kesadaran akan hal ini secara bertahap semakin nyata. Terutama untuk negara-negara dengan kerentanan tertinggi terhadap situasi utang," tambah dia.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif