Dilihat dari kacamata ekonomi nasional, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Januari 2023 menyatakan bahwa Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) masih bergerak di level optimis yakni 123,0.
Selain itu, terobosan transformasi ekonomi dalam bentuk Perppu Cipta Kerja dan UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) dinilai mampu menjadi pilar untuk menciptakan lapangan kerja, menjaga stabilitas sektor keuangan dan nilai tukar, serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.
| Baca juga: Dear Pelaku Usaha, Berikut 5 Tips Jualan Daring Biar Cepat Laku! |
Hal itu menurut CEO Entrepreneur Solutions SIRCLO, Ferry Tenka turut berperan dalam memantik semangat para pelaku UMKM untuk terus berinovasi menghasilkan karya lokal terbaik.
"Dengan optimisme perekonomian nasional pada awal tahun serta pola perilaku konsumen yang semakin terbentuk pascapandemi, kami yakin pelaku UMKM dapat secara konsisten meningkatkan performa penjualan
hingga akhir tahun," katanya dikutip Jumat, 19 Mei 2023.
Ferry pun membagikan tiga tips bagi para pelaku UMKM dalam mengevaluasi kinerjanya agar siap menghadapi semester kedua 2023.
1. Pentingnya memanfaatkan momentum spesial dalam meluncurkan kampanye marketing
Merek yang kuat dan dikenal di pasaran dapat membantu pelaku UMKM menarik pelanggan, memperkuat posisi merek di pasar, hingga akhirnya meningkatkan profitabilitas.Namun, jika strategi pemasaran tidak diperbarui serta tidak sesuai dengan tren pasar dan target audiens, hal tersebut dapat menjadi hambatan untuk meningkatkan visibilitas bisnis di mata konsumen.
Oleh karena itu, peremajaan strategi kampanye marketing menjadi hal yang penting bagi pelaku UMKM agar dapat memperkuat relevansi mereka di pasar yang terus berkembang.
| Baca juga: Mejeng di KTT ASEAN, 3 UMKM Ini Jadi Sorotan |
2. Ketahui waktu favorit belanja konsumen
Berdasarkan data internal SIRCLO, selama kuartal pertama 2023 waktu favorit belanja konsumen terbagi menjadi dua rentang waktu, yakni pagi dan malam hari.Di pagi hari, konsumen rata-rata aktif berbelanja dari pukul 10.00 hingga 12.00. Sedangkan pada malam hari, konsumen aktif berbelanja di waktu pasca beraktivitas, yaitu pukul 19.00 hingga 21.00.
3. Manfaatkan strategi penjualan multikanal
Berdasarkan riset SIRCLO dan Katadata Insight Center 2 , 85,6 persen konsumen memilih marketplace sebagai kanal berbelanja online terfavorit. Selain itu, sebanyak 85,2 persen konsumen juga mengungkapkan preferensi mereka dalam menggunakan lebih dari satu marketplace untuk berbelanja daring.Dengan mengimplementasikan penjualan multikanal, pelaku UMKM dapat menyesuaikan perjalanan pembelian sesuai dengan kanal favorit konsumen sehingga pada akhirnya dapat memaksimalkan jangkauan produk.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id