Growth Marketing Senior Lead Tokopedia Maisyalina Agustina mengatakan, usai Lebaran bisa dibilang menjadi babak baru bagi para pelaku usaha. "Ini merupakan momen bagi pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM, memaksimalkan strategi penjualan agar mempertahankan bahkan meningkatkan transaksi," tuturnya, dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu, 13 Mei 2023.
Baca: Sekarang Beli Solar Subsidi di 31 Kabupaten Ini Wajib Pakai QR, Gimana Tuh? |
Agar para pelaku usaha bisa terus menjaga eksistensi bisnis, Tokopedia melalui Maisyalina membagikan lima tips bisnis daring untuk mendongkrak penjualan usai Lebaran yakni:
1. Lakukan evaluasi terhadap produk yang dijual
"Pascalebaran adalah saat yang cocok untuk melakukan evaluasi terhadap produk-produk yang dijual. Para pelaku usaha bisa menggunakan fitur Analisis Wawasan Produk di aplikasi Tokopedia Seller untuk memantau kinerja produk dan mencantumkan informasi yang dibutuhkan agar meningkatkan minat pembeli terhadap produk yang dijual," jelas Maisyalina.2. Cari tahu produk terlaris di Tokopedia untuk pastikan minat pembeli
Mempelajari pasar dan minat pembeli di Tokopedia bisa membantu para pelaku usaha menghasilkan strategi baru untuk bisnisnya. "Pelaku usaha bisa menggunakan fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar secara mendalam, seperti produk terlaris dan kata kunci populer berdasarkan wilayah dan kategori," ujar Maisyalina.3. Perhatikan momentum dan buat promo menarik
"Tokopedia saat ini sudah bisa diakses masyarakat di 99 persen kecamatan di Indonesia, potensi yang sangat besar untuk digarap para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal. Strategi promosi yang tepat, diiringi momentum yang pas, dapat membantu penjual di Tokopedia menjangkau lebih banyak pembeli dan memperkuat posisi di pasar,” jelas Maisyalina.4. Percantik tampilan halaman toko dan produk untuk menarik lebih banyak pembeli
Tampilan toko yang menarik akan meningkatkan minat pembeli untuk menjelajah halaman toko lebih jauh. Selain itu, jangan lupa memperbarui foto produk agar lebih menarik dan pastikan foto tersebut tidak melanggar ketentuan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) agar sekaligus meningkatkan kepercayaan pembeli pada toko.5. Gunakan solusi pemasaran menyeluruh Tokopedia Marketing Solutions
Pelaku usaha dari berbagai skala bisa memanfaatkan beragam kanal promosi yang ditawarkan oleh Tokopedia Marketing Solutions. Salah satunya di halaman utama Tokopedia, yaitu menggunakan banner promosi di lokasi premium dan banner di lokasi strategis lainnya.Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News