Sejumlah barista tengah menyiapkan kopi di Perpusnas. Foto: Dok. Perpusnas
Sejumlah barista tengah menyiapkan kopi di Perpusnas. Foto: Dok. Perpusnas

Pemandangan Langka, 20 Barista Unjuk Gigi di Perpusnas

Medcom • 05 Oktober 2021 21:09
Jakarta: Ada suasana berbeda di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dalam dua hari terakhir. Sebanyak 20 barista berlaga di hadapan pengunjung Perpusnas. 
 
Mereka tampak sibuk melayani pesanan kopi dari pengunjung Perpusnas yang datang ke lantai 24. Aksi mereka ini sekaligus evaluasi akhir dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Perpusnas sejak 23 Agustus lalu. Hari ini, 5 Oktober 2021, rangkaian kegiatan tersebut resmi ditutup.
 
Aksi para Barista ini sontak menarik perhatian. Terlebih pengunjung Perpusnas dipersilakan memesan minuman berdasarkan menu yang disiapkan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengunjung juga dipersilakan ikut menilai layanan para barista, selain tujuh orang juri yang memang disiapkan untuk menguji pemahaman dan keterampilan para barista yang sudah digembleng selama program berlangsung.
 
Ketua Program Kewirausahaan Kopi David Nugroho mengatakan sebanyak 20 orang peserta tersebut merupakan orang-orang pilihan dari delapan kota. Kedelapan kota tersebut adalah Medan, Lampung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Denpasar, dan Ruteng. 
 
"Dari masing-masing kota terpilih dua orang, kecuali daerah Jakarta, karena meliputi Jabodetabek, peserta yang terpilihnya ada enam orang,” kata David melalui keterangan tertulis.
 
David menjelaskan rangkaian kegiatan dimulai sejak 23 Agustus lalu. Materi dasar tentang kopi dan kewirausahaan diberikan secara daring selama sepekan. Dan pesertanya merupakan kalangan umum. 
 
"Ada sekitar 1.400 orang lebih yang mengikuti sesi daring ini,” kata David.
 
Baca: Perpusnas Gunakan Pendekatan Perpustakaan Digital untuk Menjangkau Masyarakat
 
Sesi selanjutnya, sambung dia, terseleksi 480 orang peserta untuk ikut sesi praktik di kedai-kedai yang ditunjuk di masing-masing daerah. "Pada sesi ini, terseleksi 20 orang untuk mengikuti sesi tingkat lanjut secara intensif di Jakarta," tambahnya. 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif