Kepala BRIN Laksana Tri Handoko (kanan) dan Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Çavu?o?lu (kiri) berjabat tangan usai menandatangani nota kesepahaman. FOTO: ANTARA/HO-Humas BRIN
Kepala BRIN Laksana Tri Handoko (kanan) dan Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Çavu?o?lu (kiri) berjabat tangan usai menandatangani nota kesepahaman. FOTO: ANTARA/HO-Humas BRIN

Indonesia dan Turki Perkuat Kerja Sama Riset dan Inovasi di KTT G20

Antara • 16 November 2022 16:00
Jakarta: Indonesia dan Turki memperkuat kerja sama riset, teknologi, dan inovasi melalui penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) sebagai rangkaian dari perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Kerja sama itu diharapkan berdampak positif bagi kedua belah pihak di masa mendatang.
 
Mengutip Antara, Rabu, 16 November 2022, nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko dan Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Çavu?o?lu.
 
Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menuturkan penandatanganan MoU tersebut bertujuan agar kedua pihak berkontribusi dalam penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Turki khususnya dalam bidang dan bentuk kerja sama yang disepakati oleh keduanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bidang kerja sama dalam nota kesepahaman itu meliputi pangan dan pertanian, energi dan energi terbarukan, kesehatan dan obat-obatan, teknologi aeronautika, transportasi, maritim, sosial budaya dan humaniora, keahlian teknik dan kecerdasan buatan, teknologi informasi dan komunikasi, serta ilmu pengetahuan multidisiplin.
Baca: Sandi Ingin Kembangkan Sektor Parekraf Indonesia dengan Malaysia

Ruang lingkup kerja sama itu juga mencakup ilmu pengetahuan, teknologi dan aplikasi antariksa serta infrastruktur pendukung sistem antariksa, penggunaan teknologi dan aplikasi nuklir secara damai, lingkungan dan kehutanan, serta oseanografi, penelitian seismik, dan pengelolaan kawasan pesisir terpadu.
 
Sedangkan bentuk kerja sama yang disepakati antara lain adalah riset bersama, pengembangan kapasitas, alih teknologi, dan pertukaran informasi dan bahan-bahan ilmiah dan teknologi. Selain itu, Indonesia dan Turki juga menandatangani empat perjanjian kerja sama lain, yaitu di pertahanan, kehutanan, lingkungan, dan pembangunan, serta dua perjanjian bisnis.
 
Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Çavu?o?lu mengatakan seluruh MoU yang ditandatangani tersebut merupakan salah satu bukti nyata hubungan kerja sama bilateral antara Turki dan Indonesia yang makin erat.

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
(ABD)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif