Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Warga Kepulauan Riau Terima 631 Sambungan Instalasi Listrik Gratis dari Pemerintah

Angga Bratadharma • 06 Desember 2022 14:04
Jakarta: Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman Hutajulu menyampaikan sebanyak 631 kepala rumah tangga di Provinsi Kepulauan Riau mendapatkan sambungan instalasi listrik gratis dari pemerintah. Hal tersebut diharapkan memberi kemudahan bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
 
Mengutip keterangan tertulisnya, Selasa, 6 Desember 2022, hal itu diungkapkan dalam Peresmian dan Penyalaan Pertama Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) Tahun Anggaran 2022 di Kampung Mentigi, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan.
 
"Kabupaten Bintan mendapatkan 86 sambungan rumah tangga yang tersebar di empat kecamatan. Kini telah tersambung sebanyak 631 rumah tangga di Provinsi Kepulauan Riau atau sudah 100 persen," ujar Jisman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyampaikan masih terdapat masyarakat kurang mampu yang sudah dilewati jaringan listrik PLN di depan rumah, namun belum bisa mendapatkan akses listrik secara langsung sebagai pelanggan PLN. Hal ini dikarenakan ketidakmampuan membayar biaya pasang baru listrik, sehingga harus menyalur atau berbagi sambungan listrik dengan tetangga.
Baca: Promosikan Pariwisata, Sandiaga Targetkan Jutaan Lapangan Kerja

"Program BPBL ini gratis ya Bapak, Ibu, saya perlu sampaikan lagi agar masyarakat benar-benar tahu. Tahun ini sasaran Program BPBL untuk 80 ribu rumah tangga, tahun depan menjadi 83 ribu," jelas Jisman.
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan Kabupaten Bintan Wan Affandi mewakili Bupati Bintan berharap program ini membawa pengaruh yang signifikan dalam kehidupan masyarakat.
 
"Mudah-mudahan Program BPBL ini bermanfaat bagi masyarakat Bintan dan signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam berbagai aspek," kata Wan Affandi.
 
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Riau dan Kepulauan Riau Agung Murdifi menyampaikan Program BPBL menyampaikan Program BPBL merupakan salah satu upaya untuk pemerataan akses listrik ke seluruh Nusantara untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi. Ia menyebut kriteria calon penerima manfaat Program BPBL.

 
"Calon Peneriman BPBL merupakan warga prasejahtera yang terdaftar dalam DTKS, berdomisili di daerah 3T, atau layak menerima BPBL berdasarkan validasi kepala desa/lurah atau pejabat setingkat," pungkasnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
(ABD)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif