PT Pupuk Indonesia (Persero) menangkis isu kelangkaan pupuk, terutama terkait dengan subsidi (public service obligation/PSO) di masyarakat. Foto: Dok. Kementan
PT Pupuk Indonesia (Persero) menangkis isu kelangkaan pupuk, terutama terkait dengan subsidi (public service obligation/PSO) di masyarakat. Foto: Dok. Kementan

Dirut Pupuk Indonesia Tangkis Isu Kelangkaan Pupuk

Ekonomi pupuk pupuk subsidi pupuk indonesia
Suci Sedya Utami • 01 Oktober 2020 13:32

Dirinya menambahkan, isu kelangkaan akan terus bergulir mengingat akan ada petani-petani baru. Namun, petani-petani tersebut tidak masuk dalam rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) yang menjadi syarat mendapatkan pupuk bersubsidi. Sehingga tidak terhitung dalam alokasi yang ditetapkan pemerintah sebagai penerima subsidi.
 
Kendati demikian, pihaknya sebenarnya telah mengantisipasi hal tersebut dengan menyiapkan pupuk komersial. Hanya saja, petani kemungkinan tidak mampu membeli pupuk komersial lantaran dispirits harga yang cukup tinggi.
 
"Jumlah petani meningkat, ada petani yang enggak masuk dalam RDPK. Itu pasti enggak kebagian pupuk subsidi dan akan menyebarkan isu pupuk langka lagi. Itu yang mungkin akan jadi isu ke depannya," jelas Bakir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Gerindra Ade Rosiade mengatakan isu kelangkaan pupuk sebenarnya bukan karena stok pupuk yang kosong. Penyebabnya adalah alokasi subsidi dari pemerintah yang terbatas. Oleh karenanya, Ade mengatakan hal ini harus menjadi fokus antara pemerintah dan legislatif ke depannya untuk memecahkan permasalahan yang setiap tahun bergulir tersebut.
 
"Pupuknya banyak, tapi subsidinya terbatas. Ini PR pemerintah, Komisi  VI dan Komisi IV," pungkas Ade.
 
 
 
(DEV)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif