Ilustrasi Koperasi. Foto : MI/Adam Dwi.
Ilustrasi Koperasi. Foto : MI/Adam Dwi.

RUU Koperasi Buat Bisnis Koperasi Terarah, Generasi Milenial Tertarik Gabung ?

Antara • 15 Januari 2023 12:44
Jakarta: Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi memastikan pemberdayaan dan perlindungan koperasi diatur dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Perkoperasian yang baru.
 
baca juga: Perpu Ciptaker Dinilai Buka Perlindungan Koperasi dan UMKM

Pengembangan koperasi bisa dimanfaatkan mayoritas penduduk Indonesia yang akan didominasi oleh usia produktif pada tahun 2020. Peluang tersebut harus dimanfaatkan kaum milenial untuk berkecimpung di sektor koperasi.
 
"RUU Perkoperasian mengatur upaya pemberdayaan dan perlindungan usaha koperasi dengan mengembangkan ekosistem koperasi, sehingga pengembangan usaha koperasi dilakukan secara terstruktur dan berkelanjutan," ujar Zabadi dikutip dari Antara, Minggu, 15 Januari 2023.
 
Di dalamnya, lanjut dia, tercantum aturan terkait pembentukan OPK, Apex dan LPS, dan Komite Penyehatan Koperasi untuk memberikan bantalan bagi usaha simpan pinjam koperasi dalam menghadapi krisis keuangan.
 
RUU Perkoperasian juga menegaskan bahwa setiap Kementerian/Lembaga/dinas memiliki tugas dan kewenangan untuk mengatur pemberdayaan, perizinan, dan pengawasan usaha koperasi sesuai dengan tugas dan kewenangannya pada lapangan usaha yang bersangkutan.
 
Hal tersebut berdampak pada pembinaan koperasi pada masa mendatang menjadi lebih masif, terstruktur dengan dilakukan oleh lintas K/L/dinas di tataran pemerintah pusat dan daerah.
 
"Jadi RUU Perkoperasian ini harus dijadikan momentum untuk kebangkitan koperasi menjadi salah satu pilar utama perekonomian daerah dan nasional,” katanya.
 
Zabadi menambahkan Kemenkop UKM diberikan kepercayaan dan kehormatan oleh pemerintah dan DPR untuk mengatur koperasi dalam undang-undang Perkoperasian, sehingga Koperasi tidak banyak diatur dalam UU P2SK.
 
UU P2SK harus dipandang sebagai ‘bottom line’ pengaturan usaha simpan pinjam koperasi, dan bentuk pengakuan negara bahwa koperasi sebagai salah satu pelaku utama dalam sektor keuangan nasional, yang membuka akses usaha koperasi di hampir semua sektor keuangan (Pasal 202).
 
UU P2SK juga menjadikan OJK sebagai mitra strategis bagi Kemenkop UKM dalam pengembangan dan pengawasan usaha simpan pinjam yang melayani masyarakat bukan anggota (open loop).
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif