Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani

Terpopuler Sepekan, Harga Emas Melonjak hingga Uji Klinis Vaksin Covid-19

Ekonomi Berita Menarik Ekonomi Sepekan
Nia Deviyana • 02 Agustus 2020 15:16
Jakarta: Harga emas yang semakin kinclong di tengah pandemi membuat aset ini semakin diminati investor karena tergolong aman dan dapat dijadikan portofolio investasi jangka panjang. Berita-berita terkait emas menjadi salah satu topik terpopuler pekan ini.
 
Begitu juga dengan berita terkait vaksin covid-19. Adanya vaksin covid-19 dianggap sebagai katalisator yang mempercepat pemulihan ekonomi.
 
Di sisi lain, pemerintah dilematis terkait pemulihan ekonomi pada 2021 lantaran dihadapkan pada ketidakpastian. Salah satunya penanganan covid-19 yang dapat mengakibatkan kondisi perekonomian tertahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Medcom.id merangkum lima berita yang menjadi topik populer dalam sepekan sebagai referensi bagi pembaca yang memantau isu ekonomi terkini.
 
1. Harga Emas Tembus Rp1 Juta, Saatnya Beli atau Jual?
 
Harga emas milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada pembukaan perdagangan hari ini kembali tembus Rp1 juta. Hal ini semakin menunjukkan eksistensi emas sebagai aset safe haven di tengah ketidakpastian ekonomi.
 
Sebagai investor, apa yang sebaiknya dilakukan, membeli atau menjualnya?
 
Berita selengkapnya di sini
 
2. Nasabah Tabungan Emas Pegadaian Melonjak
 
PT Pegadaian (Persero) mencatat nasabah produk Gadai Tabungan Emas melonjak signifikan. Nasabah Gadai Tabungan Emas per Juni 2020 mencapai 5,8 juta, atau naik sekitar 26 persen dibandingkan posisi akhir 2019 sebanyak 4,6 juta nasabah.
 
Direktur Teknologi Informasi dan Digital Pegadaian Teguh Wahyono mengakui lonjakan nasabah pada produk Gadai Tabungan Emas seiring dengan tingginya harga emas cetakan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) yang menembus di atas Rp1 juta per gram.
 
Berita selengkapnya di sini
 
3. Harga Naik, Plafon Gadai Emas di Pegadaian Ikut Terkerek
 
Harga emas cetakan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) tembus di atas Rp1 juta per gram. Emas Antam kian menunjukkan tajinya seiring tingginya harga emas dunia.
 
Kondisi itu sebenarnya bisa dimanfaatkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mendapatkan dana segar. Maklum di tengah perlambatan ekonomi imbas pandemi covid-19 seperti saat ini, para pelaku UMKM butuh sokongan modal agar usaha mereka tetap bertahan.
 
Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian (Persero) Harianto Widodo mengatakan, kenaikan harga emas di pasar berpengaruh pula terhadap penentuan standar taksiran atas emas yang digadaikan. Artinya, plafon gadai emas di Pegadaian saat ini mengalami kenaikan signifikan seiring lonjakan harga emas cetakan.
 
Berita selengkapnya di sini
 
4. Uji Klinis Vaksin Covid-19 Ditargetkan Rampung Akhir 2020
 
PT Bio Farma (Persero) telah menerima dan mulai menguji klinis vaksin covid-19 dari Sinovac, Tiongkok. Hasil uji klinis tersebut diharap rampung pada akhir tahun ini.
 
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyebutkan uji klinis vaksin covid-19 dari Sinovac ini dipimpin langsung oleh Prof Kusnandi dari Universitas Padjadjaran (Unpad). Target tercepat selesai uji klinis adalah Desember 2020.
 
Berita selengkapnya di sini
 
5. Pemerintah Dilematis soal Pemulihan Ekonomi di 2021
 
Pemerintah dilematis terkait pemulihan ekonomi pada 2021 lantaran dihadapkan pada ketidakpastian. Salah satunya penanganan covid-19 yang dapat mengakibatkan kondisi perekonomian tertahan.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan ketidakpastian tersebut membuat pemerintah terus memperbaiki desain Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021. Termasuk asumsi makro yang menjadi target tahun depan.
 
Berita selengkapnya di sini

 

(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif