Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto
Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto

5 Terpopuler Sepekan, dari Kasus WanaArtha hingga Subsidi Gaji Gelombang II

Ekonomi premium Berita Menarik Ekonomi Sepekan WanaArtha Life
Nia Deviyana • 15 November 2020 12:52
Jakarta: Berita ekonomi terpopuler dalam sepekan datang dari berbagai sektor, mulai dari keuangan hingga bisnis.
 
Dari sektor keuangan, berita terpopuler datang dari kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwa Adisarana WanaArtha dan dana nasabah Maybank yang raib. Sementara dari sektor bisnis, berita terpopuler datang dari subsidi gaji hingga penjualan BBM premium.
 
Medcom.id merangkum lima berita yang menjadi topik populer dalam sepekan. Rangkuman ini sebagai referensi bagi pembaca yang memantau isu ekonomi terkini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Ombudsman Minta Sub-Rekening Efek Nasabah WanaArtha Dipisahkan
 
Ombudsman Republik Indonesia meminta Kejaksaan Agung menganalisis pembekuan rekening efek nasabah WanaArtha Life dan mengumumkan hasilnya ke publik terkait aliran dana Jiwasraya. Menurut Anggota Ombudsman RI Alamsyah Saragih, Kejaksaan Agung bisa menganalisis aset mana yang perlu dibekukan, apakah subrekening efek nasabah WanaArtha masuk dalam bagian yang disita atau tidak.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
2. Nasabah Bingung, WanaArtha Diminta Jujur dalam Penyebab Gagal Bayar
 
PT Asuransi Jiwa Adisarana WanaArtha diminta mengungkap alasan yang sesungguhnya terkait gagal bayar kepada nasabah. Pasalnya, kasus ini tidak terkait penyitaan sub rekening efek (SRE) dari aliran uang korupsi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero).
 
Anggota Komisi III DPR Taufik Basari meminta direksi WanaArtha agar tidak membuat bingung nasabahnya. Apalagi fakta yang dilaporkan Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Komisi III menyebut bahwa rekening efek yang disita merupakan milik terpidana Benny Tjokro.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
3. Dana Nasabah Maybank yang Raib Bisa Kembali
 
Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah menilai ada kemungkinan tabungan Winda D Lunardi, atlete-sportyang hilang di PT Bank Maybank Indonesia Tbk bisa kembali.
 
Hal itu dapat terjadi sepanjang fakta-fakta di lapangan membuktikan uang tersebut milik nasabah dan kesalahan sepenuhnya berada di pihak bank.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
4. Mantap! Pemerintah Cairkan Lagi Pembayaran Termin Kedua Subsidi Gaji Rp600 Ribu
 
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) kembali menyalurkan bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah (BSU) termin kedua sebanyak 2,71 juta orang. Sebelumnya, Senin, 9 November, tahap satu sudah dicairkan kepada para penerima BSU termin pertama.
 
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan dengan disalurkannya tahap II ini Kemenaker telah menyalurkan subsidi gaji kepada 4,89 juta pekerja untuk termin kedua. Total anggaran yang telah dikeluarkan untuk tahap I dan II ini sebanyak Rp5,8 triliun.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
5. Pertamina: Penjualan Premium Tidak Kita Hapuskan
 
Senior Vice President Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Tajudin Noor memastikan distribusi dan penjualan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium tidak dihapuskan. Pasalnya, pemerintah masih memberikan penugasan kepada Pertamina untuk menjual jenis BBM dengan nilai oktan 88 tersebut.
 
Tajudin menjelaskan perseroan tidak bisa mengambil keputusan ihwal penghapusan premium lantaran kebijakan itu berada di tangan pemerintah. Namun, Pertamina memang sedang mengedukasi dan menyosialisasikan penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan.
 
Baca selengkapnya di sini.

 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif