Pasar memiliki struktur yang terdiri dari dua jenis, yakni pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna.
Pasar juga dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan ciri dan karakteristiknya, seperti jumlah penjual dan pembeli, hambatan masuk dan keluar, dan tingkat pembeda produknya.
Kali ini, kita akan memahami tentang persaingan pasar sempurna. Seperti apa sih ciri dan karakter dari jenis pasar tersebut? Yuk pahami penjelasan berikut ini.
Apa itu pasar persaingan sempurna?
Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang di dalamnya terdiri dari banyak penjual dan pembeli.Dalam pasar tersebut, mereka tidak mempengaruhi harga karena harga sudah ditentukan oleh pasar itu sendiri. Harga ditentukan berdasarkan penawaran dari produsen dan permintaan dari konsumen.
Pasar ini tidak memiliki campur tangan pemerintah dan pihak yang terlibat di dalam nya sudah saling mengetahui situasi dan mempunyai informasi yang berhubungan dengan pasar.
Pasar ini pun dikatakan sebagai pasar yang paling ideal karena mampu menjamin tercapainya efisiensi.
Baca juga: Pengertian Market Share, Jenis dan Cara Menghitungnya |
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
1. Jumlah pembeli dan penjual yang banyakSeperti yang sudah dijelaskan, jumlah pembeli dan penjual yang banyak tidak akan memengaruhi harga dalam pasar. Penjual akan mengalami kerugian apabila menawarkan barang di bawah harga pasar.
Namun, jika mereka menjualnya dengan harga di atas harga pasar, mereka juga akan mengalami kesulitan untuk mencari pembeli.
2. Barang atau jasa dagang bersifat homogen
Semua produk yang dijual akan terlihat serupa. Seorang pembeli akan mengalami kesulitan atau bahkan tidak bisa membedakan produk mana yang berasal dari perusahaan A, B, atau C.
Maka dari itu, kualitas produk menjadi hal yang terpenting dalam penjualan produk sehingga promosi harus dilakukan secara lebih lagi.
3. Faktor produksi dapat berpindah-pindah
Faktor produksi seperti bahan baku atau tenaga kerja dapat bebas bergerak dari tempat ke tempat yang menurutnya lebih menguntungkan.
Hal tersebut dibebaskan karena tidak tercantum dalam peraturan ataupun teknis.
4. Bebas dalam menentukan harga
Harga barang atau jasa dalam pasar ini sangat tergantung dengan interaksi dalam proses jual beli. Dengan itu, keputusan harga yang ditentukan juga tidak dapat dipengaruhi oleh pihak luar, termasuk pemerintah.
5. Saling mengetahui kondisi pasar
Penjual dan pembeli saling mengetahui kondisi pasar. Maka dari itu, informasi mengenai pasar menjadi sangat penting bagi mereka agar dapat melakukan persaingan dengan sempurna.
6. Penjual memiliki kebebasan keluar masuk pasar
Penjual memiliki hak untuk melanjutkan penjualan di dalam pasar atau berhenti. Perusahaan yang dapat memproduksi barang atau jasa dapat masuk ke industri pasar terkait dan juga dapat keluar jika dibutuhkan.
Contoh pasar persaingan sempurna
Berikutnya, contoh dari pasar persaingan sempurna yang paling umum adalah pasar pertanian seperti beras, jagung, dan cabai. Kemudian juga pasar perikanan dan sayur, serta buah.Penjual dan pembeli dalam pasar tersebut tidak dapat mengatur harga dan cenderung mengikuti harga yang sudah ditentukan. Keduanya juga memiliki informasi terkait pasar dagangan tersebut, seperti harga, kualitas, dan lainnya.
Barang dagangan yang sama itulah yang menyebabkan persaingan menjadi sangat ketat antara para penjual atau produsen. Maka dari itu, pembeli akan lebih memberikan perhatian terhadap kualitas yang ditawarkan oleh setiap penjual.
(Keizya Ham)
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id