"Tujuannya agar menciptakan kompetisi yang sehat di pengisian avtur. Jika harga avtur Pertamina dapat bersaing, akan membuat harga tiket menjadi murah. Demand create price. Then price can be cheaper," ujar Chief Marketing Officer PT Jarvis Aset Manajemen Kartika Sutandi, dikutip dari Media Indonesia, MInggu, 24 April 2022.
Selain pemberian penyertaan modal negara (PMN), langkah membuka persaingan avtur dinilai dapat menyehatkan Garuda. Kartika menilai mayoritas operasional maskapai dihabiskan untuk membeli avtur.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
Jika kompetisi penjualan avtur terwujud, maka Garuda bakal lebih sehat karena tak perlu mahal-mahal membeli bahan bakar. Selain itu, Erick mesti melakukan renegosiasi leasing di jajaran Garuda.
"Termasuk menekan leasing agar melakukan hapus buku (write-off) atau memberikan bunga nol persen ke Garuda. Penundaan utang melalui PKPU hanya membantu sementara di cashflow. Namun beban perseroan masih belum akan hilang," kata Kartika.
Selanjutnya, perlu analisis ulang rute Garuda, misalnya perjalanan internasional Jakarta-London yang membuat keuangan perusahaan pelat merah itu terbebani. Kartika mendorong Erick memaksimalkan rute domestik Garuda.
"Tujuannya agar Garuda dapat fokus melayani konektivitas masyarakat Indonesia," kata dia.
Baca: Deretan Rekomendasi Panja untuk Selamatkan Garuda