Mendag Zulkifli Hasan. Foto: dok Biro Humas Kemendag.
Mendag Zulkifli Hasan. Foto: dok Biro Humas Kemendag.

Mendag Harap ICMI Bisa Bantu Pemerintah Atasi Krisis Ekonomi Global

Husen Miftahudin • 04 Desember 2022 17:00
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengharapkan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) bisa membantu pemerintah dalam mengatasi ancaman krisis ekonomi global.
 
Dinamika global yang terjadi, seperti pascapandemi covid-19 dan konflik Rusia dengan Ukraina, telah melahirkan potensi krisis multidimensi dan menjadi tantangan yang harus disikapi oleh para cendekiawan ICMI.
 
"Selama perjalanannya, ICMI telah melewati berbagai tantangan. Ke depan, tantangan global dan nasional akan semakin kompleks mulai dari krisis energi, krisis pangan, krisis keuangan, krisis iklim, hingga krisis geopolitik," kata Zulhas dalam acara Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) ICMI, dikutip dari keterangan tertulis, Minggu, 4 Desember 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zulhas berharap, Silaknas ICMI dapat mendorong tumbuh kembangnya ICMI sebagai organisasi cendekiawan muslim yang dapat mengambil peran menyiapkan bangsa Indonesia menghadapi berbagai tantangan.
 
Baca juga: Jadi Negara Maju, Jokowi: Indonesia Harus Yakin Kemampuan Sendiri

 
Menurutnya, ICMI sebagai wadah cendekiawan dan pemikir bangsa harus dapat menjadi organisasi yang lentur dan adaptif terhadap perubahan.
 
Selain itu, ICMI juga diharapkan selalu menjadi lentera yang memadukan ilmu pengetahuan dan pemikiran Islam yang maju, serta menjadi panutan Islam rahmatan lil alamin. Termasuk dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara maju di 2045.
 
"ICMI telah memberikan kontribusi nyata untuk menggapai cita-cita Indonesia yang merdeka dan adil bagi seluruh rakyat Indonesia, serta sumbangan pemikiran untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju di 2045," pungkas Zulhas.
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif