Perikanan. Foto : MI.
Perikanan. Foto : MI.

KKP Kaji Stok Sumber Daya Ikan di Selat Malaka-Samudera Hindia

Ekonomi perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan
Antara • 27 September 2020 08:33
Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui kapal KR Bawal Putih III bakal mengkaji atau melakukan survei eksploitasi laut pengkajian stok ikan di wilayah Selat Malaka dan perairan Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.
 
Kepala Badan Riset dan SDM KKP Sjarief Widjaja menyatakan pelepasan KR Bawal Putih III berbobot 395 gross tonnage (GT) itu dilakukan di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Muara Baru pada 26 September 2020 secara daring.
 
"Tinjauan secara periodik terhadap status potensi stok sangat diperlukan, sehingga kontrol terhadap tingkat pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya ikan dapat dilakukan dengan baik," ucapnya dikutip dari Antara, Minggu, 27 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, hal tersebut bisa dijaga salah satunya adalah dengan melaksanakan survei eksplorasi laut. Tujuan dari survei eksplorasi, ujar dia, yaitu untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai potensi sumber daya ikan (demersal, udang, pelagis kecil, pelagis besar nontuna, dan cumi) yaitu estimasi kepadatan stok dan biomassa serta sebaran spasial kelimpahannya.
 
Kemudian, mengenali karakteristik biologi beberapa jenis sumber daya ikan, seperti komposisi jenis, struktur ukuran ikan, tingkat kematangan gonad, dan indikasi daerah asuhan-pemijahan serta habitat sumber daya ikan dan kesuburan perairan.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif