Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertemu pejabat Kerajaan Arab Saudi untuk membahas kerja sama perdagangan. Dok. Kemendag.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertemu pejabat Kerajaan Arab Saudi untuk membahas kerja sama perdagangan. Dok. Kemendag.

Mendag Harap Kerja Sama Dagang dengan Arab Saudi Bisa Makin Besar

Achmad Zulfikar Fazli • 24 Januari 2023 10:41
Jeddah: Indonesia dan Arab Saudi menandatangani delapan kerja sama dagang dengan nilai kontrak lebih dari USD155,7 juta atau sekitar Rp2,3 triliun. Kerja sama dagang ini ditandatangani pelaku usaha Indonesia dengan lima pelaku usaha Arab Saudi.
 
"Diharapkan kerja sama ini terus berlanjut dengan transaksi dagang yang semakin besar dan dengan komoditas yang semakin banyak jenisnya,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, dalam keterangam tertulis, Senin, 23 Januari 2023.
 
Salah satu penandatangan dilakukan Direktur Komersial PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), Andry Tanudjaja dan Said Bawazir Trading Company. Mereka menandatangani kerja sama produk makanan dan barang-barang UMKM untuk distribusi Arab Saudi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan adanya kerja sama ini, pelaku usaha Indonesia akan mengekspor sejumlah komoditas ke Arab Saudi. Seperti, bahan pangan, RBD palm olein, minyak goreng, produk ikan dan olahannya, daging, sayuran dan olahannya, buah-buahan, kakao, beras, rempah-rempah, mi telur, serta arang.
 
Dalam penandatanganan kerja sama ini, lanjut dia, terdapat dua MoU khusus untuk pemenuhan kebutuhan jemaah haji dan umrah. “MoU khusus untuk pemenuhan kebutuhan jemaah haji ditujukan untuk komoditas ikan dan olahannya dalam berbagai kemasan, serta daging dan sayuran dalam berbagai jenis kemasan,” jelas Mendag.
 
Mendag Harap Kerja Sama Dagang dengan Arab Saudi Bisa Makin Besar
 
Sementara itu, Kepala ITPC Jeddah Muhammad Rivai Abbas, mengatakan potensi perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi dapat dimanfaatkan lebih optimal.
 
“Melalui penandatanganan kerja sama ini, diharapkan hubungan perdagangan dan ekonomi kedua negara akan semakin meningkat,” ujar dia.
 

Baca Juga: Kunjungan Bilateral ke Saudi, Mendag Perkuat Kerja Sama Perdagangan


Pada Januari-November 2022, total  perdagangan Indonesia-Arab Saudi  mencapai USD7 miliar atau meningkat 45,42 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar USD4,8 miliar. Sementara itu, total perdagangan kedua negara pada  2021 mencapai USD5,5 miliar.
 
Mendag Harap Kerja Sama Dagang dengan Arab Saudi Bisa Makin Besar
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif