Presiden Komisaris DCI Indonesia Marina Budiman. Foto: Forbes/DCI Indonesia.
Presiden Komisaris DCI Indonesia Marina Budiman. Foto: Forbes/DCI Indonesia.

Profil Marina Budiman, Perempuan Terkaya Indonesia 2021 Versi Forbes

Sri Yanti Nainggolan • 16 Desember 2021 13:32
Jakarta: Marina Budiman menjadi Perempuan Terkaya di Indonesia tahun 2021 versi Forbes. Perempuan berusia 60 tahun itu menduduki peringkat ke-30 Orang Terkaya di Indonesia versi majalah internasional tersebut. 
 
Dilansir dari Forbes, total kekayaan Marina Budiman mencapai US$1,5 miliar per 13 Desember 2021 atau Rp21,5 triliun (kurs US$1=Rp14.352). Berikut ini adalah profil Marina Budiman yang dikutip dari berbagai sumber:

Profil Marina Budiman

Marina Budiman adalah salah satu pendiri dan Presiden Komisaris DCI Indonesia, operator pusat data terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar lebih dari 50 persen. Dengan nilai sekitar US$7 miliar, saat ini DCI menjadi salah satu perusahaan publik paling berharga di Indonesia.
 
Awalnya, lulusan University of Toronto ini ingin menjadi bankir. Untuk mewujudkan keinginannya itu, pada 1985, Marina Budiman bekerja di Bank Bali setelah mendapatkan gelar sarjana di bidang keuangan dan ekonomi. Kala itu, dia bertanggung jawab untuk menginstal perangkat lunak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Sri Mulyani dan Dirut Pertamina Masuk Daftar Most Powerful Women 2021
 
Setelah 26 tahun, Marina Budiman mendirikan DCI bersama enam orang lainnya. Pertumbuhan digital di Indonesia membuat perusahaan di bawah naungan wanita berusia 60 tahun ini membukukan kenaikan pendapatan sebesar 81 persen dan peningkatan laba 57 persen secara gabungan selama tiga tahun terakhir.
 
Daftar pelanggan unggulan DCI mencakup 44 perusahaan telekomunikasi, 134 perusahaan keuangan, dan beberapa perusahaan e-commerce terbesar di Asia. Saham Marina Budiman di DCI bernilai lebih dari US$1 miliar.

Posisi kedua dan ketiga

Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh Arini Subianto, 50, di peringkat 44 Orang Terkaya di Indonesia. Total kekayaan dia mencapai US$975 miliar dengan sumber kekayaan di bidang batu bara dan minyak sawit. 
 
Baca: Ini 100 Wanita yang Masuk dalam The World's Most Powerful Women 2021
 
Posisi ketiga adalah Kartini Muljadi, 91, dengan peringkat 50 Orang Terkaya di Indonesia. Total kekayaan dia mencapai US$695 miliar dengan sumber kekayaan di bidang farmasi. 
 
(SYN)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif