“Kinerja positif yang berhasil diraih ini mempertegas keberhasilan upaya Bank dalam menerapkan sejumlah strategi dan langkah untuk memperkuat kondisi fundamental Bank dan berorientasi pada kebutuhan nasabah,” kata Presiden Direktur Hana Bank Jong Jin Park dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 23 April 2024.
Di tengah tantangan kondisi ekonomi, Hana Bank mencatat peningkatan penyaluran kredit sebesar Rp34,32 triliun atau naik 5,13 persen (yoy). Hana Bank juga mencatat penurunan rasio kredit bermasalah atau nonperforming loan (NPL) dari 0,94 persen menjadi 0,86 persen (yoy) di bawah rata-rata industri.
Dengan membaiknya rasio NPL, Hana Bank berhasil menekan beban pencadangan kerugian kredit (CKPN)sebesar Rp54,02 miliar atau turun 82,14 persen (yoy). Sedangkan, rasio beban operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) tercatat sebesar 81,90 persen (yoy) per 31 Desember 2023.
Baca juga: Sebelum Pakai Produk Keuangan, Kenali Dulu Jenis Suku Bunganya! |
Selain itu, Hana Bank mampu menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dan sehat. Tercatat, total equity Hana Bank pada akhir 2023 sebesar Rp11,06 triliun, serta capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) masing-masing sebesar 28,35 persen dan 128,27 persen.
“Hana Bank memiliki komitmen jangka panjang untuk dapat terus menjadi mitra nasabah. Selaras dengan visi ‘growing together, sharing happiness’, kami realisasikan di antaranya dengan terus memperkuat bisnis dan fundamental bank agar tercapai pertumbuhan yang berkelanjutan,” ujarnya.
Layanan digital
Pada 2023, hampir seluruh transaksi sudah dilakukan melalui kanal digital. Banyak pula transaksi yang dilakukan melalui layanan branchless banking seperti MyHana Mobile Banking dan Internet Banking, LINE Bank by Hana Bank, Corporate Banking System (CBS), Automated Teller Machines (ATM).MyHana Mobile Banking memimpin inisiatif digitalisasi di Hana Bank dengan menyajikan beragam kenyamanan perbankan dan kemampuan dalam menunjang transaksi seperti BI-FAST dan Scan QRIS. Ada pula Hana AIdvisor sebuah fitur reksadana digital untuk memenuhi layanan investasi.
Selanjutnya, LINE Bank by Hana Bank merupakan layanan perbankan digital hasil kerja sama dengan LY Corporation (LINE Financial Corporation). Layanan ini menawarkan kemudahan finansial bagi generasi muda Indonesia seperti mempermudah pembukaan rekening tabungan secara digital.
“Inovasi digital menjadi fokus dalam meningkatkan kepuasan nasabah kami dalam memberikan layanan yang cepat, aman dan nyaman sehingga dapat menjadi one stop solution bagi nasabah dalam memenuhi kebutuhan baik perbankan maupun investasi,” ujar Park.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News