Bank Danamon bersama BNP Paribas AM menawarkan investasi berbasis ESG dan syariah. (Foto: Dok. Bank Danamon)
Bank Danamon bersama BNP Paribas AM menawarkan investasi berbasis ESG dan syariah. (Foto: Dok. Bank Danamon)

Danamon-BNP Paribas AM Hadirkan Solusi Investasi ESG dan Syariah

Gervin Nathaniel Purba • 13 Juli 2021 11:20
Jakarta: PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) bekerja sama dengan PT BNP Paribas Asset Management (BNP Paribas AM) menawarkan solusi perbankan dan wealth management untuk memenuhi kebutuhan investasi masyarakat Indonesia.
 
Terdapat dua instrumen investasi yang ditawarkan dari hasil kolaborasi ini, yakni Reksa Dana Indeks BNP Paribas SRI-Kehati (BNP Paribas SRI-Kehati) dan Reksa Dana Syariah BNP Paribas Greater China Equity Syariah USD (BNP Paribas GCES USD).
 
Dihadirkannya kedua instrumen investasi tersebut untuk mengakomodasi peningkatan minat investor terhadap investasi berkelanjutan (sustainable investment), atau investasi berbasis Environmental & Social Governance (ESG). Terutama di Asia-Pasifik. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut data dari Morningstar Global Sustainable Fund Flows 2020, total dana kelolaan per 2020 pada sustainable investment melonjak 131 persen dibandingkan tahun sebelumnya secara khusus di Asia selain Jepang. 
 
Selain itu, menurut data dari MSCI 2021 Global Institutional, sekitar 79 persen investor di kawasan Asia Pacific Accreditation Cooperation (APAC) juga menyetujui bahwa investasi berbasis ESG menjadi aspek yang signifikan dalam merespons situasi pandemi covid-19.
 
Masih terkait instrumen investasi, BNP Paribas SRI-Kehati berupaya menggugah kepedulian investor terhadap pelestarian lingkungan dan sosial. 
 
BNP Paribas SRI-Kehati menggunakan Indeks SRI-Kehati yang diluncurkan oleh Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Yayasan KEHATI), terdiri atas 25 emiten atau perusahaan terbuka yang telah dipilih oleh Yayasan KEHATI dengan memperhatikan prinsip ramah lingkungan (Environmental), kontribusi masyarakat (Social), serta tata kelola perusahaan yang baik (Governance) atau yang sering disebut sebagai ESG. 
 
Sementara, BNP Paribas GCES USD menawarkan akses dan eksposur penuh ke pasar saham Tiongkok dan sekitarnya (Greater China), dengan potensi tingkat pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi di kawasan tersebut. 
 
Reksa dana syariah berbasis efek luar negeri dalam denominasi USD ini berinvestasi pada saham-saham pilihan yang mengombinasikan prinsip syariah dan filter ESG untuk memberikan hasil investasi jangka panjang dan berkelanjutan di tengah kondisi ekonomi yang kian dinamis.
 
"Kami harap dua produk yang ditawarkan Danamon dan BNP Paribas AM dapat menambah opsi instrumen investasi yang sesuai bagi kebutuhan masyarakat dan juga sejalan dengan tren global saat ini. Kehadiran dua produk ini juga merupakan bukti nyata komitmen Danamon dan PT BNP Paribas AM dalam membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan finansial mereka," ujar Wakil Direktur Utama Danamon Michellina Triwardhany.
 
Sementara itu, Direktur dan Head of Marketing & Product Development PT BNP Paribas Asset Management Maya Kamdani mengatakan BNP Paribas SRI-Kehati dan BNP Paribas Greater China Equity Syariah USD bisa menjadi solusi bagi para investor dalam mengelola portofolionya. Terlebih, kedua instrumen investasi ini memiliki risk management yang lebih baik karena adanya kombinasi filter ESG dengan prinsip Syariah.
 
"Lewat kerja sama dengan Bank Danamon, kami senang bisa turut memberikan peluang investasi yang lebih besar dan edukasi yang lebih luas kepada para nasabah," kata Maya. 
 
Bersama MUFG sebagai pemegang saham pengendali dan salah satu institusi keuangan terbesar di dunia, Bank Danamon dapat memberikan nilai jangka panjang ke seluruh pemangku kepentingan dengan jaringan distribusi luas di seluruh provinsi di Indonesia.
 
Kedua produk ini diharapkan bisa jadi pilihan nasabah Bank Danamon untuk berinvestasi pada era normal baru.
 
(ROS)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif