Ilustrasi UMKM. Foto: MI/Adam
Ilustrasi UMKM. Foto: MI/Adam

Pemasaran Berbasis Digital Titik Terang UMKM Berkembang

Annisa ayu artanti • 10 April 2023 16:57
Jakarta: Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi titik terang bagi UMKM untuk terus berkembang, terlebih persaingan produk UMKM saat ini semakin beragam.
 
VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, mengatakan pihaknya terus berkomitmen dalam mendukung kebangkitan perekonomian Indonesia melalui UMKM.
 
UMKM dituntut untuk dapat melakukan inovasi produk serta mengimbangi pemasaran konvensional dengan pemasaran secara online. Mengacu perkembangan era digital saat ini branding dan pemasaran secara online menjadi hal yang sangat krusial.

"Selain biaya yang murah dan tidak harus memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial secara langsung dianggap mampu untuk meraih konsumen secara luas,” ujar Fadjar dalam keterangan tertulis, Senin, 10 April 2023.
 
Baca juga: UMKM Jangan Mau Kalah! Media Sosial Harus Jadi 'Senjata' Buat Jualan

Melalui ajang Pameran Interior dan Craft (ICRAFT) 2023 menurutnya bisa menjadi momentum kebangkitan kriya Indonesia dalam era ekonomi digital, sekaligus sebagai upaya memperluas akses pasar.
 
Di ajang ini, UMKM binaan Pertamina siap memamerkan produk-produk unggulannya, mulai dari Faiza Bordir, Haluan Bali, Batik Muria, Kraton Leather, Rumah BUMN (RB) Klungkung, dan Rumah BUMN (RB) Palangkaraya.
 
Salah satu UMKM binaan Pertamina Batik Muria mengatakan kesempatan tampil di ICRAFT yang bertepatan dengan bulan Ramadan, menjadi penyemangat untuk mempromosikan produk batik tulis khas Kudus, sebagai karya seni tradisional yang juga menyampaikan pesan-pesan sejarah Islam.
 
“Beberapa motif batik unggulan kami yakni batik bercerita, seperti kisah penyebaran agama Islam oleh para Sunan, Masjid Menara Kudus, Motif Bulusan yang mengisahkan teguran Sunan Muria kepada sekelompok petani yg masih bercocok tanam saat waktu sholat maghrib tiba,” jelas Dimas Andre Santoso, pemilik Muria Batik.
 
Selain itu, Fadjar menambahkan, Pertamina juga memiliki marketplace smexpo.pertamina.com yang merupakan wadah Pemasaran digital produk mitra binaannya yang bisa diakses secara umum.
 
Selama bulan Ramadan ini, Pertamina mencatat peningkatan penjualan di marketplace tersebut.
 
Baca juga: 2 Cara Ini Harus Dilakukan UMKM untuk Genggam Pasar Digital

Fadjar juga menegaskan, kegiatan pameran seperti ini merupakan bentuk dukungan dari Pertamina dalam pembangunan berkelanjutan (SDG’s) yang juga menjadi bagian dari Environtmental, Social and Governance (ESG). Ke depannya, Pertamina akan semakin aktif untuk mendorong pertumbuhan bisnis UMKM agar semakin menjadi kebanggan seluruh masyarakat Indonesia.
 
“Setelah mengikuti pameran, diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan pasar produk-produk karya anak bangsa, terlebih kriya yang merupakan produk UMKM yang tergolong memiliki potensi bisnis yang sangat positif, baik di dalam maupun luar negeri,” pungkas Fadjar.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan