Ilustrasi. FOTO: MI/SUMARYANTO
Ilustrasi. FOTO: MI/SUMARYANTO

Injak Rem Darurat di Ibu Kota

Ekonomi Virus Korona Analisis Ekonomi Ekonomi Indonesia Anies Baswedan Jakarta Rem Darurat Rem Darurat Corona
Angga Bratadharma • 10 September 2020 13:21

Di sisi lain, dunia usaha juga perlu bersama-sama dengan pemerintah untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan mengingat kawasan bisnis seperti perkantoran sangat penting untuk tidak menjadi klaster penularan wabah. Semua pihak tentu harus bersama-sama menghentikan penyebaran covid-19.
 
"Ekspektasi level kegiatan ekonomi di Jabodetabek akan turun ke level yang sedikit lebih tinggi dari April-Mei," kata Shinta.
 
Ketua Badan Perwakilan (BP) KNPI di Malaysia Tengku Adnan juga mendukung keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberlakukan PSBB. Vice Chairman Committee ASEAN for Youth Cooperation (CAYC) ini mengatakan PSBB total adalah langkah tepat dan sesuai dengan situasi saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika ini tidak dibendung maka akan dapat mengakibatkan keadaan yang semakin memburuk baik di dalam DKI Jakarta itu sendiri maupun efeknya juga akan kepada kepentingan nasional lainnya," katanya.
 
Guna memaksimalkan pelaksanaan PSBB total, dirinya mengusulkan TNI Polri yang dibantu Satpol PP agar meningkatkan penegakan hukum terhadap pihak-pihak yang melanggar aturan sehingga dapat dijadikan efek jera bagi yang lainnya jika melakukan pelanggaran.
 
Injak Rem Darurat di Ibu Kota
Sumber: Pemprov DKI Jakarta
 
Namun demikian, pada sisi lain, Pemprov DKI Jakarta juga harus memastikan hak-hak masyarakat terkait bantuan sosial tersalurkan dengan tepat sasaran dengan memperbaiki data penerima bantuan sosial.
 
Sementara itu, pemerintah memastikan akan memberikan dukungan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat paling rentan yang terdampak saat PSBB total kembali diberlakukan. Dalam hal ini, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Sosial untuk terus memberikan bansos.
 
Namun sayangnya, Anies Baswedan dalam sebuah konferensi pers saat mengumumkan PSBB total tidak memberikan secara rinci. Sistem pembagian bansos akan diumumkan nanti.
 
IDI Dukung Anies
 
Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga menyuarakan dukungan kepada keputusan Anies terkait penerapan PSBB total di Jakarta. Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Daeng Mohammad Faqih menilai PSBB memang bisa efektif untuk mengurangi penularan covid-19 bila dilakukan dengan tegas dan optimal.
 
"PSBB ini bukan hanya semata-mata untuk melindungi tenaga medis ya tetapi juga masyarakat. Kita tahu penularan di Jakarta ini sehari sudah seribuan dan positivity rate mencapai 13 persen. Padahal WHO kan menstandarkan agar positivity rate itu kurang dari lima persen," kata Daeng.
 
Berdampak ke Ekonomi
 
Kebijakan PSBB total atau rem darurat yang diinjak Anies tentu berdampak terhadap perekonomian mengingat Jakarta adalah pusat ekonomi Indonesia. Bahkan, kekhawatiran dan ketakutan tentang resesi yang melanda kian menjadi-jadi. Pasalnya, aktivitas perekonomian akan terhambat seperti PSBB awal diberlakukan.
 
"Tanpa pengetatan PSBB resesi sudah diyakini akan terjadi, apalagi dengan PSBB," kata Ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah.

 
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif