Rangga Muslim (depan paling kiri). Medcom.id-Ahmad Mustaqim
Rangga Muslim (depan paling kiri). Medcom.id-Ahmad Mustaqim

Pemain ini Spesialis Antar Klub Liga 2 Juara dan Promo ke Liga 1

Bola bola pssi liga 1 indonesia
Ahmad Mustaqim • 17 Desember 2018 19:55
Sleman: Sosok Rangga Muslim jadi bagian penting klub PSS Sleman meraih tiket promosi Liga 1 Indonesia musim depan setelah menjuarai Liga 2 musim 2018. Lelaki kelahiran Bima, Nusa Tenggara Barat ini, menjadi salah satu pemain pendobrak pertahanan lawan dari sisi sayap permainan, klub berjuluk Elang Jawa.
 
Di balik kesuksesannya itu, Rangga ternyata pernah berhasil merengkuh pretasi serupa pada 2017 lalu. Bedanya, saat itu Rangga masih berkostum Persebaya Surabaya.
 
Rangga Muslim memulai karir sepak bolanya di Persatuan Sepakbola Hizbul Wathan (PS WH) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 2011. Saat itu, mahasiswa jurusan Teknik Mesin UMY ini menjuarai Piala Wali Kota Divisi Utama.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Baca juga: Hasil Undian Babak 16 Besar Liga Champions 2018--2019
 
Dari situ, Rangga kemudian membela Tunas Jogja, peserta Divisi I BLAI. Lalu, Rangga tergabung dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POM Nas) bersama tim Yogyakarta yang kala itu meraih juara kedua setelah kalah dari Jakarta.
 
Pemain kelahiran 13 Mei 1994 itu kemudian berkostum klub PSIM Yogyakarta pada 2014. Tiga tahun berselang, Rangga membela klub yang juga sedang berada di kasta kedua, yakni Persebaya Surabaya pada 2017.
 
Di bawah nakhoda pelatih Angel Alfredo Vera, Rangga bersama Persebaya berhasil promosi ke Liga 1 sekaligus menjuarai Liga 2 musim 2017. Memasuki musim baru, Bajul Ijo, julukan Persebaya, melepas Rangga ke PSS Sleman.
 
Baca juga: AC Milan Tersingkir dari Liga Europa
 
Gagal bermain di kasta teratas sepak bola Indonesia, bukan akhir karir bagi Rangga. Ia membuktikannya dengan mengantarkan PSS promosi Liga 1, sekaligus juara Liga 2. Kejadian yang mirip setahun yang lalu, saat ia membela Bajul Ijo.
 
"Sulit memang jadi pesebak bola dan mahasiswa. Kadang harus meninggalkan perkuliahan. Tapi memang harus bersikap profesional," kata Rangga di Yogyakarta, pada Senin 17 Desember 2018.
 
Saat ini, Rangga belum mengetahui masa depannya di PSS. Sementara, sepak bola sudah menjadi karier di hidupnya. Meski ia berharap bisa menyelesaikan studinya pada tahun depan, apakah Rangga masih akan bertahan di PSS untuk kompetisi Liga 1 musim depan? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.
 
Baca juga: Meski Berat, PSS Sleman Berambisi Kawinkan Gelar
"Jika sudah selesai, saya bisa lebih fokus menjalankan karier di sepak bola. Saya memiliki kontrak di PSS Sleman hingga Desember 2018. Rencana ke depannya saya mau fokus dulu untuk menyelesaikan kuliah," ucapnya.
 
Di lain kesempatan, Manajer PSS Sismantoro menyatakan pihaknya akan berupaya mempertahankan sebagian besar pemain yang berkontribusi untuk PSS. Namun, ia mengaku manajemen harus melakukan meeting dengan PT PSS untuk menentukan siapa saja pemain yang dipertahankan musim depan.
 
"Sekitar 60 persen pemain musim ini kemungkinan akan kami pertahankan," ujarnya.
 
Video: Persib Bantah Ingin Rekrut Wesley Sneijder

 

(RIZ)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif