NEWSTICKER
Tangkapan layar informasi palsu melalui pesan berantai WhatsApp
Tangkapan layar informasi palsu melalui pesan berantai WhatsApp

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Seorang Penumpang KRL Ditandu Petugas di Stasiun Duren Kalibata karena Korona? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 17 Maret 2020 17:08
Beredar melalui pesan berantai WhatsApp, sebuah video memperlihatkan seseorang ditandu di stasiun commuter line (KRL), Duren Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Muncul narasi bahwa seorang penumpang itu terjangkit virus korona atau covid-19.
 
"Korona ini. Korona. Aduh, aduh, aduh," suara seorang pria yang terdengar dalam video berdurasi 10 detik tersebut.
 

[Cek Fakta] Seorang Penumpang KRL Ditandu Petugas di Stasiun Duren Kalibata karena Korona? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Klaim bahwa seorang penumpang KRL yang ditandu di Stasiun KRL Duren Kalibata karena terjangkit virus korona atau covid-19, adalah salah. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menjelaskan duduk perkara peristiwa tersebut. Pada Sabtu sekitar pukul 14.00 WIB, seorang penumpang KRL No 1364 relasi Bogor-Jatinegara ditemukan dalam keadaan lemas saat berhenti di Stasiun Duren Kalibata.
 
Lantas penumpang itu dibawa ke posko kesehatan stasiun setempat untuk diberikan pertolongan pertama. Suhu tubuh penumpang kala itu disebut normal.
 
"Suhu tubuhnya normal 36," kata VP Corporate Communication PT KCI, Anne Purba seperti dilansir Detik.com, Senin 16 Maret 2020.
 
Setelah mendapatkan penanganan dari petugas, kondisi penumpang berangsur pulih. Penumpang itu pun kembali melanjutkan perjalanannya dengan KRL. Ke depan, Anne mengimbau pengguna jasa KRL yang membutuhkan pertolongan tak segan menyampaikannya kepada petugas setempat.
 
"Kepada seluruh pengguna jasa agar tidak perlu ragu meminta bantuan petugas di kereta maupun stasiun, bila memerlukan pertolongan. Untuk keluhan terkait kesehatan, pengguna dapat mengunjungi pos kesehatan yang terdapat di 30 stasiun," pungkas dia.
 

[Cek Fakta] Seorang Penumpang KRL Ditandu Petugas di Stasiun Duren Kalibata karena Korona? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:

Klaim bahwa seorang penumpang KRL yang ditandu di Stasiun KRL Duren Kalibata karena terjangkit virus korona atau covid-19, adalah salah.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://news.detik.com/berita/d-4940965/viral-penumpang-krl-ditandu-disebut-corona-di-stasiun-ini-penjelasan-kci/2
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks, dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id.
 


 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif