Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Luhut Sebut Warga Jawa Barat Pasti Mendukung Jokowi Tiga Periode? Cek Faktanya

Medcom Files Jokowi Luhut Binsar Pandjaitan Cek Fakta
Wanda Indana • 23 April 2022 13:07
Beredar tangkapan layar artikel daring yang judulnya menarasikan Menteri Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan warga Jawa Barat mendukung Presiden Joko Widodo memimpin tiga periode. Tangkapan layar itu beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Izro’il membagikan tangkapan layar itu pada 12 April 2022 pukul 11.09. Narasi judul pada tangkapan layar tersebut “Luhut : Jawa Barat Pasti Mendukung 3 Periode!”.
 
Pada unggahannya, akun tersebut juga menyertakan narasi sebagai berikut:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Yapsss benar sekali
Saya sangat amat mendukung 3 priode
Alhamdulillah berkah na 2 priode
Rakyat keur susah, duit na di pake meuli hordeng DPR 48,7MILYAREUN"
Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Luhut Sebut Warga Jawa Barat Pasti Mendukung Jokowi Tiga Periode? Cek Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada tangkapan layar yang beredar bahwa Luhut mengatakan warga Jawa Barat pasti mendukung Jokowi tiga periode adalah salah. Faktanya, judul artikel pada tangkapan layar yang beredar telah diedit.
 
Melalui reverse image, foto tangkapan layar yang beredar berasal dari CNBC Indonesia dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 05 April 2022 pukul 19.52 WIB. Judul asku artikel tersebut adalah “Viral! Luhut Ikut Vaksin Nusantara, Didampingi dr Terawan”. Artikel tersebut sama sekali tidak membahas isu Jokowi tiga periode.
 
Pula, peneleusuran melalui kolom pencarian di situs CNBC Indonesia, tidak ada judul seperti pada tangkapan layar yang beredar.
 

[Cek Fakta] Luhut Sebut Warga Jawa Barat Pasti Mendukung Jokowi Tiga Periode? Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada tangkapan layar yang beredar bahwa Luhut mengatakan warga Jawa Barat pasti mendukung Jokowi tiga periode adalah salah. Faktanya, judul artikel pada tangkapan layar yang beredar telah diedit.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Luhut Sebut Warga Jawa Barat Pasti Mendukung Jokowi Tiga Periode? Cek Faktanya
 

Referensi:
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220405193520-37-329094/viral-luhut-ikut-vaksin-nusantara-didampingi-dr-terawan
https://www.cnbcindonesia.com/search?query=Luhut+%3A+Jawa+Barat++Pasti+Mendukung+3+Periode%21
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif