Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Benarkah Cristiano Ronaldo Berdarah Indonesia yang Sempat Menolak Membela Timnas? Begini Faktanya

Medcom Files cristiano ronaldo timnas indonesia hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 08 Januari 2022 12:37
Atlet Sepak Bola Cristiano Ronaldo dikabarkan sempat menolak panggilan timnas Indonesia. Disebutkan juga, alasan Ronaldo mendapat tawaran membela timnas karena dirinya berdarah Indonesia dari keturunan Flores.
 
Akun TikTok raffyasak (RAFFY ASAK) membagikan kabar itu dengan mengunggah video singkat pada 30 Desember 2021. Pada video yang beredar terdapat narasi sebagai berikut:

"pemain berdarah Indonesi yang menolak panggilan timnas
 
DIa adalah C. Ronaldo laki-laki keturunan Flores - Portugal yang menolak panggilan dari timnas karena dia lebih memilih karirnya di Eropa."


Benarkah Cristiano Ronaldo punya keturunan Indonesia? Berikut cek faktanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Benarkah Cristiano Ronaldo Berdarah Indonesia yang Sempat Menolak Membela Timnas? Begini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Atlet Sepak Bola Cristiano Ronaldo memiliki keturunan Indonesia adalah salah. Faktanya, Cristiano Ronaldo tak punya garis keturunan Indonesia atau Flores.
 
Dilansir Biography.com, Ronaldo lahir di Funchal, Madeira, Portugal dari orang tua berkebangsaan Portugal. Nenek buyut Ronaldo dari sisi Ayah berasal dari Kepulauan Sao Vincente, Cape Verde, Afrika. Cape Verde merupakan bekas negara koloni Portugal.
 
Memang, Ronaldo memiliki anak angkat bernama Martunis asal Aceh, Indonesia. Martunis adalah salah satu korban selama dari gempa dan tsunami Aceh pada 26 Desember 2004. Martunis terbawa arus laut dan terdampar ke wilayah Malaysia. Saat ditemukan, Martunis memakai jersey Tim Nasional (Timnas) Portugal bernomor punggung 10 milik Rui Costa. Hal itu mengundang perhatian dari dunia sepakbola, terutama para pesepakbola bintang.
 
Cristiano Ronaldo, yang saat itu tengah menjalani periode pertama di Manchester United, pun datang ke Aceh untuk bertemu Martunis. Cristiano Ronaldo pun mengangkat Martunis untuk menjadi anaknya.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Atlet Sepak Bola Cristiano Ronaldo memiliki keturunan Indonesia adalah salah. Faktanya, Cristiano Ronaldo tak punya keturunan Indonesia atau Flores.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Benarkah Cristiano Ronaldo Berdarah Indonesia yang Sempat Menolak Membela Timnas? Begini Faktanya
 

Referensi:
https://bola.okezone.com/berita/51-2490737/profil-martunis-anak-angkat-cristiano-ronaldo-yang-terapung-di-laut-21-hari-begini-kehidupannya-sekarang?page=2
https://www.biography.com/athlete/cristiano-ronaldo
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif