Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Ma’ruf Amin Sebut Kalau Jokowi Terpilih Lagi 3 Periode Ibu-Ibu Cukup Bayar Pakai Kartu? Cek Faktanya

Medcom Files Jokowi hoax maruf amin Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 22 April 2022 16:19
Beredar tangkapan layar artikel daring yang judulnya menarasikan bahwa Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut bahwa jika Presiden Joko Widodo memimpin tiga periode maka ibu-ibu akan cukup membayar apapun dengan kartu. Tangkapan layar ini beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Dhara Araa turut membagikan tangkapan layar itu pada Kamis, 31 Maret 2022. Judul artikel pada tangkapan layar yang beredar "Ma’ruf Amin: kalau Jokowi terpilih lagi 3 periode ibu-ibu cukup bayar pakai kartu".
 
Pada unggahannya, akun itu juga menyertakan narasi sebagai berikut:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Minyak goreng mahal? Harga Mie instan naik? Gak usah khawatir, ada kartu ciptaan kakek kita ini, Guys. Apa-apa semua bisa dibayar pakai kartu, loh. Masalahnya, kalian sudah punya atau belum itu kartu?
BTW, memenya kocak banget, heii!"
Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Ma’ruf Amin Sebut Kalau Jokowi Terpilih Lagi 3 Periode Ibu-Ibu Cukup Bayar Pakai Kartu? Cek Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada tangkapan layar yang beredar bahwa Wapres Ma’ruf Amin menyebut jika Presiden Jokowi memimpin tiga periode maka ibu-ibu akan cukup membayar apapun dengan kartu adalah salah. Faktanya, judul artikel tersebut telah diedit.
 
Melalui reverse image, foto identik diunggah Okezone.com pada artikel berjudul "Pesan Ma'ruf Amin untuk Organisasi Keagamaan: Jangan Ekstrem ke Kanan atau Kiri" dimuat pada Selasa, 22 Februari 2022. Pada artikel itu tidak ada menyinggung isu Jokowi tiga periode.
 

[Cek Fakta] Ma’ruf Amin Sebut Kalau Jokowi Terpilih Lagi 3 Periode Ibu-Ibu Cukup Bayar Pakai Kartu? Cek Faktanya
 

Wakil Presiden Ma’ruf Amin memang pernah membahas soal kemudahan membayar dengan kartu, namun hal tersebut dibahas pada kontestasi pemilu 2019 dan tidak ada pernyataan 3 periode. Kampanye Maruf Amin itu dimuat Liputan6.com pada artikel berjudul "Ma'ruf Amin: Kalau Jokowi Terpilih, Ibu-Ibu Bayar Tinggal Pakai Kartu" dimuat pada Kamis, 28 Februari 2019.
 
"Pokoknya di kantongnya ibu-ibu kartu melulu itu nanti. Waktu ini keluar kartu, apa-apa keluar kartu. Enggak pakai duit pakai kartu aja," kata Ma'ruf Amin di lapangan Bulevard Pangandaran, Jawa Barat.
 

Kesimpulan:
Klaim pada tangkapan layar yang beredar bahwa Wapres Ma’ruf Amin menyebut jika Presiden Jokowi memimpin tiga periode maka ibu-ibu akan cukup membayar apapun dengan kartu adalah salah. Faktanya, judul artikel tersebut telah diedit.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

[Cek Fakta] Ma’ruf Amin Sebut Kalau Jokowi Terpilih Lagi 3 Periode Ibu-Ibu Cukup Bayar Pakai Kartu? Cek Faktanya
 

Referensi:
-https://nasional.okezone.com/berita/337-2551295/pesan-ma-ruf-amin-untuk-organisasi-keagamaan-jangan-ekstrem-ke-kanan-atau-kiri
-https://www.liputan6.com/pilpres/read/3906069/maruf-amin-kalau-jokowi-terpilih-ibu-ibu-bayar-tinggal-pakai-kartu
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif