Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Gus Jazil Sebut Anies Baswedan Gabener ? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 08 Maret 2021 16:22
Beredar foto tangkapan layar sebuah artikel yang memperlihatkan Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid. Foto tangkapan layar artikel itu beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Ferry Ansyah membagikan foto tangkapan layar itu pada Selasa 2, Maret 2021. Judul pada artikel itu bertuliskan sebagai berikut:

"Gus Jazil ke Anies Baswedan: Jangan Pintar Pidato Saja! Manusia Macam Ini,Kok Bisa Bisanya Jadi Gabener”.


 
BenarkahWakil Ketua MPR Jazilul Fawaidatau akrab disapaGus Jazil sebut Anies Baswedan Kok Bisa-Bisanya Jadi Gabener? Berikut cek faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Gus Jazil Sebut Anies Baswedan <i>Gabener</i> ? Cek Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, judul pada artikel yang beredar bahwa Gus Jazil sebut Anies Baswedan Gabener adalah salah. Faktanya, judul artikel tersebut telah diedit.
 
Dilansir Turnbackhoax.id, ditemukan artikel foto identik pada salah satu artikel yang dimuat jawapos.com. Judul asli artikel tersebut "Gus Jazil ke Anis Baswedan Jangan Pintar Pidato Saja!" dimuat pada 1 Maret 2021. Dalam artikel tersebut Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid meminta Anies untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap NU. Tidak ada narasi "Manusia macam ini, kok bisa bisanya jadi gabener".
 
"Tunjukkan Pak Anies jangan hanya pintar beretorika, tapi pintar juga memperdulikan masyarakatnya. Jangan pintar pidato saja. Kalau cuma pidato, NU sudah gudangnya. Kita butuh perhatian yang nyata," kata Jazilul Fawaid.
 

[Cek Fakta] Gus Jazil Sebut Anies Baswedan <i>Gabener</i> ? Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Judul pada artikel yang beredar tersebut bahwa Gus Jazil sebut Anies Baswedan adalah Gabener adalah salah. Faktanya, judul artikel tersebut telah diedit.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Gus Jazil Sebut Anies Baswedan <i>Gabener</i> ? Cek Faktanya
 

Referensi:
https://turnbackhoax.id/2021/03/07/salah-gus-jazil-ke-anies-baswedan-jangan-pintar-pidato-saja-manusia-macam-inikok-bisa-bisanya-jadi-gabener/
https://www.jawapos.com/nasional/01/03/2021/gus-jazil-ke-anies-baswedan-jangan-pintar-pidato-saja/
https://archive.md/MtpCy
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif