Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook
Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Foto Ayahanda Jokowi Seorang Komandan PKI? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 30 Juli 2020 16:48
Beredar sebuah foto hitam putih seorang tentara Tiongkok yang dinarasikan sebagai ayahanda Presiden Joko Widodo. Dalam foto tersebut tertulis dokumen rahasia negara komandan Underbow PKI 1965.
 
Akun Facebook atas nama Ko HOng Guan membagikan unggahan ini pada 29 Juli 2020. Dalam unggahannya ia turut memberikan narasi.

"Akhirnya Bocor juga A.1 Bpk-nya Jokowi yg asli. Mirip Banget..!!!
 
Klw Cebong Ngebantah, Gua Gampar muka jeleknya-nya satu-satu.!!!"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Foto Ayahanda Jokowi Seorang Komandan PKI? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim bahwa foto tersebut ayahanda Jokowi adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah Jendral Wang Zhen, seorang politikus senior Partai Komunis Tiongkok.
 
Dilansir dari Era.id, Wang Zhen lahir di Liuyang, Hunan, Tiongkok, 11 April 1908 – meninggal di Guangzhou, 12 Maret 1993 pada umur 84 tahun. Ia adalah orang dekat Presiden Tiongkok berkuasa Li Xiannian, pada masa jabatan tahun 1982 hingga 1985. Foto tersebut terdapat pada arsip perpustakaan University of Wisconsin di situs collections.lib.uwm.edu.
 
Adapun logo palu arit di kerah baju foto tersebut hasil suntingan. Tidak terdapat logo palu arit dalam foto aslinya.
 

[Cek Fakta] Foto Ayahanda Jokowi Seorang Komandan PKI? Ini Faktanya
 
Dilansir dari Detik.com, Jokowi merupakan putra dari pasangan almarhum Wijiatno Notomiharjo dan almarhumah Sujiatmi. Jokowi dilahirkan di RS Brayat Minulyo, Solo, pada 21 Juni 1961.
 
"Ayah Jokowi, almarhum Wijiatno Notomiharjo, memiliki perawakan tubuh tinggi dan besar. Pengusaha kayu ini juga setia memelihara kumis tebal," tulis Detik.com dalam laporannya pada Selasa 17 Januari 2017.
 
Di dalam artikel dijelaskan ayah Jokowi merupakan sosok pria berparas halus dan gagah di saat muda. Ia juga dinilai jago bermain gobak sodor atau dalam bahasa Inggris disebut go back through the door.
 
Pula di kala muda, Wijiatno punya tunggangan sepeda motor BSA buatan The Birmingham Small Arms, Inggris, tahun 1950-an. Wijiatno kerap melakukan antar-jemput istrinya dengan tunggangan tersebut.
 

[Cek Fakta] Foto Ayahanda Jokowi Seorang Komandan PKI? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa foto tersebut ayahanda Jokowi adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah Jendral Wang Zhen, seorang politikus senior Partai Komunis Tiongkok.
 
Informasi ini jenis hoaks Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Foto Ayahanda Jokowi Seorang Komandan PKI? Ini Faktanya
 

Referensi:
1.https://news.detik.com/berita/d-3398259/foto-foto-notomiharjo-ayah-jokowi-yang-sempat-jadi-perbincangan
2.https://era.id/news/33986/benarkah-foto-ini-ialah-wijiatno-ayah-presiden-jokowi-cek-faktanya
3.https://archive.fo/eyGgI

 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif