Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Benarkah PM Singapura Dijemput Joe Biden, Sedangkan Jokowi Dijemput Dubes? Begini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta Jokowi joe biden lee hsien loong hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 19 Mei 2022 16:55
Beredar kabar yang menyebutkan adanya perbedaan perlakukan Amerika Serikat dalam memperlakukan tamu negara. Disebutkan, PM Singapura Lee Hsien Loong dijemput langsung Presiden AS Joe Biden di Bandara. Sementara Presiden Joko Widododijemput Duta Besar.
 
Isu itu disebar akun Twitter ini yang mengunggah artikel daring yang foto sampulnya memperlihatkan Presiden Biden dan PM Lee berjabat tangan di depan Gedung Putih. Pada tautan artikel ini disebutkan Presiden Biden bersedia menjemput PM Singapura ketika mendarat di bandara, sedangkan Presiden Jokowi hanya dijemput Dubes RI untuk AS.

"Presiden AS Menjemput PM Singapura, sementara Jokowi hanya Dijemput Dubes Indonesia untuk AS. Ada Apa?" tulis akun itu.


 
Benarkah? Berikut cek faktanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Benarkah PM Singapura Dijemput Joe Biden, Sedangkan Jokowi Dijemput Dubes? Begini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Presiden AS Joe Biden bersedia menjemput PM Singapura Lee Hsien Loong sedangkan Presiden Joko Widodo hanya dijemput Dubes adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid bahwa Biden menjemput Lee di bandara.
 
Dikutip dari situs resmi Gedung Putih, disebutkan Biden akan menyambut seluruh kepala negara ASEAN di Gedung Putih, tidak ada perbedaan. Situs resmi Kantor Perdana Menteri Singapura hanya memberitakan rencana keberangkatan Lee ke Amerika Serikat.
 
Pula, melalui reverse image, foto yang beredar tersebut merupakan foto Biden dan Lee yang diambil di Gedung Putih, di mana Biden menyambut kepala negara ASEAN yang lain, termasuk Jokowi. Lee dan Jokowi juga mengunggah foto mereka bersama Biden dengan latar belakang yang sama di akun Twitter mereka masing-masing.
 

 
Kesimpulan:
Klaim bahwa Presiden AS Joe Biden bersedia menjemput PM Singapura Lee Hsien Loong sedangkan Presiden Joko Widodo hanya dijemput Dubes adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid bahwa Biden menjemput Lee di bandara.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Benarkah PM Singapura Dijemput Joe Biden, Sedangkan Jokowi Dijemput Dubes? Begini Faktanya
 

Referensi:
https://www.pmo.gov.sg/Newsroom/PM-Lee-Hsien-Loong-to-visit-the-United-States-of-America-for-the-ASEAN-US-Special-Summit-May-2022
https://www.whitehouse.gov/briefing-room/statements-releases/2022/05/12/fact-sheet-u-s-asean-special-summit-in-washington-dc/
https://twitter.com/leehsienloong/status/1524937457279545344
https://twitter.com/jokowi/status/1524952807035371520
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif