Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube
Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Annisa Pohan Gerebek AHY dengan Wanita Lain Hoaks, Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 25 Februari 2021 16:22
Beredar sebuah video dengan narasi judul Annisa Pohan menggerebek Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang tengah bersama wanita lain. Video beredar di youotube.
 
Kanal youtube SKEMA POLITIK mengunggah video ini pada 20 Februari 2021. Video berjudul, "KELAKUAN B3JAT AHY, ANISSA POHAN GREB3K AHY DENGAN WANITA LAIN" telah ditonton 403 ribu orang.
 
Dalam halaman sampul video tersebut, terdapat foto AHY dan foto seroang wanita. Terdapat narasi sebagai berikut "Mengejutkan bejat anak SBY! Detik-detik Annisa Pohan grebek AHY dgn wanita lain"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Annisa Pohan Gerebek AHY dengan Wanita Lain Hoaks, Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Annisa Pohan menggerebek AHY dengan wanita lain adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid terkait informasi tersebut.
 
Dalam isi video tersebut, terdapat adegan seorang wanita yang tengah menghentikan sebuah mobil dengan menaiki kap mesin karena memergoki suaminya dan wanita lain di dalam mobil tersebut. Video tersebut bukanlah sosok Annisa Pohan. Melainkan video Michaela Paruntu istri Wakil Ketua DPRD Sulawesi Utara james Arthur Kojongian.
 
Michaela Paruntu diduga nekat melakukan hal ini karena memergoki suaminya bersama perempuan lain di dalam mobil tersebut. Michaela Elsiana Paruntu dikenal sebagai perempuan segudang prestasi di Sulawesi Utara.
 
Michaela Paruntu aktif di berbagai organisasi sosial maupun keagamaan. Micha, demikian ia disapa pada pilkada 2020 lalu mencalonkan diri sebagai Bupati Minahasa Selatan, namun gagal.
 
[Cek Fakta] Annisa Pohan Gerebek AHY dengan Wanita Lain Hoaks, Ini Faktanya
 
Dilansir detik.com, nama Annisa Pohan turut diperbincangkan dalam jagat media sosial. Foto Annisa Pohan, disandingkan dengan sosok Nissa Sabyan yang tengah ramai diberitakan karena isu perselingkuhan.
 
Tagar dengan diksi 'pelakor' atau perebut laki-laki orang ini tengah jadi perbincangan di jagat twitter. Dari sekian tagar itu, terlihat beberapa akun menyertakan foto Annisa Pohan disandingkan dengan Nissa Sabyan. Politikus Partai Demokrat Andi Arief mengecam serangan terhadap Annisa Pohan.
 
Dalam cuitannya, Andi Arief menyebut serangan ini dilakukan oleh buzzer. Andi Arief lalu menyebut-nyebut 'Kak Mul' dan dia meminta sosok itu menghentikan serangan terhadap Annisa Pohan.
 
"Kak Mul, mengerahkan buzzer untuk berperang kami tak bisa mencegah. Tapi tolong jangan menyerang wanita tak berdosa. Istri ketum kami wanita seperti juga ibu dan istri Anda. Hentikan Kak Mul," kata Andi Arief.
 
[Cek Fakta] Annisa Pohan Gerebek AHY dengan Wanita Lain Hoaks, Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Annisa Pohan menggerebek AHY dengan wanita lain adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid terkait informasi tersebut.
 
Informasi ini jenis hoaks false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.
[Cek Fakta] Annisa Pohan Gerebek AHY dengan Wanita Lain Hoaks, Ini Faktanya
Referensi:
1.https://bali.tribunnews.com/2021/01/26/viral-video-michaela-paruntu-hadang-mobil-terungkap-segudang-prestasi-bu-dokter
2.https://news.detik.com/berita/d-5386381/annisa-pohan-diserang-di-twitter-andi-arief-hentikan-kak-mul
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif