Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Benarkah Presiden Jokowi Bongkar Makam Ibunya?

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 14 Mei 2020 13:01
Beredar narasi bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) membongkar makam almarhumah ibunda, Sujiatmi Notomiharjo. Narasi ini beredar di media sosial.
 
"...langsung saja Jokowi Presiden Mengambil Sekop untuk menggali kuburan ibunya..," bunyi narasi yang beredar.
 
Adalah akun facebook Heru Susanto yang mengunggah narasi tersebut di media sosial. Berikut narasi lengkapnya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"SUDJIATMI DISIKSA DI ALAM BARZAKH Hj. Sudjiatmi ( Ibu Presiden Jokowi) Tersiksa di alam kubur secara sadis, secara brutal dan sangat kejam. Tanpa ampunan. Disaat tgl. 25 april 2020 bulan lalu Jenazah H. Sudjiatmi di semayamkan ke alam kubur, entah tiba2 hanya seorang yang belum beranjak dari makamnya.
Beliau ternyata Presiden Joko Widodo.
 
Tepat di atas kuburan ibunda tercinta, tiba tiba Jokowi Presiden RI mendengar Suara yang menjerit jerit dari bawah tempat duduknya, tolong.. tolong... tolong.... panas... panas... panas... sakit.. sakit... ampun... ampun... ampun.. mendengar Jeritan itu, langsung saja Jokowi Presiden
Mengambil Sekop untuk menggali kuburan ibunya, setelah jasad ibunya terlihat, " betapa kagetnya" presiden Jokowi melihat tubuh ibunya gosong akibat terbakar api yang menyala-nyala dari dalam kuburnya Sudjiatmi.
 
Tersentak Jokowi melihat ibunya tersiksa, akhirnya pak Jokowi langsung saja menghubungi pihak Istana Presiden, lalu para menteri dan STAFF KEPRESIDENAN
Menuju ke lokasi kuburan H. Sudjiatmi?
 
Betapa kagetnya Seluruh pihak Istana Kepresidenan RI Jakarta menyaksikan peristiwa itu, mereka melihat leher ibunda H. Sudjiatmi terdapat rantai besi api yang menyala-nyala, rantai itu mengeluarkan api dan selalu membakar seluruh tubuh ibunya, langsung saja dengan replex nya pak Jokowi melepaskan rantai api itu dari leher ibunya, tetapi usaha pak Jokowi sia-sia belaka, malahan tangan Jokowi Presiden Indonesia 2019 ikut terbakar dan hangus.
 
Akhirnya pihak istana bertanya kepada pak Jokowi ? Wahai Jokowi Presiden RI dosa apakah yang telah diperbuat oleh ibumu semasa hidupnya sehingga ibumu tersiksa dengan rantai besi api yang menyala-nyala yang tubuhnya menjadi hitam gosong seperti arang ?
Ibuku H. Sudjiatmi telah menjadi ibu kandung palsu, karena ibu kandungku Sulami terlibat partai terlarang, "Gerwani" pki, ia mati dalam keadaan menipu Seluruh warga Indonesia, Jawab Presiden Jokowi.
 
Lantas kenapa ibumu H. Sudjiatmi bisa tersiksa seperti ini, tanya menterinya
Erick Thohir dan Sri Mulyani Indrawati ?
Ia tersiksa karena menutupi Seluruh kemunafikan saya, ujar" Jokowi, ia selama ini menjadi ibu palsu dan berdusta kepada dirinya sendiri dan jutaan orang Indonesia
 
Trus gimana caranya agar Api yang menyala nyala bisa di matikan, apakah perlu kita kerahkan 3 unit mobil pemadam kebakaran, tanya" Mahfud MD dan bapak
Prabowo Subianto ?
 
Tak usah di siram" jawab Jokowi,biarkan saja jasadnya terbakar sampai hari kiamat, toh kematiannya telah menyelamatkan diri saya ujar Jokowi, bahkan seluruh rahasia ikut terkubur bersama jasad wanita bejad ini, kata Jokowi terhadap menteri- menterinya."

 
Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 421 emotikon, 2.500 komentar dan telah dibagikan sebanyak 248 kali.
 

[Cek Fakta] Benarkah Presiden Jokowi Bongkar Makam Ibunya?
 

 
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) membongkar makam almarhumah ibunda, Sujiatmi Notomiharjo, adalah salah. Faktanya tidak ada informasi valid mengenai hal itu.
 
Salah satu foto bergambar tengkorak yang diunggah akun facebook Heru Susanto juga tidak ada kaitannya dengan almarhumah. Foto itu telah lama beredar sebelum almarhumah wafat.
 
Kemudian, disebutkan di dalam narasi bahwa jenazah almarhumah disemayamkan pada 25 April 2020. Faktanya, almarhumah wafat pada Rabu 25 Maret 2020 dan dimakamkan pada 26 Maret 2020.
 
Almarhumah dimakamkan di pemakaman keluarga di Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah. Almarhumah dimakamkan di sisi kanan suaminya, Notomiharjo.
 
Jokowi turut serta menguburkan jenazah ibunda. Jokowi yang mengenakan kemeja putih, celana hitam, kopiah, dan masker tampak berada di liang lahat saat proses pemakaman Sudjiatmi Notomihardjo.
 
Dilansir Medcom.id, proses pemakaman Sudjiatmi berlangsung sederhana. Hal itu dilakukan atas kesepakatan keluarga guna menghindari kerumunan masyarakat yang mengiringi dan agar proses pemakaman berjalan tenang.
 
Beberapa jam kemudian, Jokowi langsung kembali ke Istana Bogor, Jawa Barat. Ia mengikuti pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa G20 secara virtual, Kamis 26 Maret 2020 malam.
 
Dalam kesempatan itu, Jokowi mendapatkan ucapan belasungkawa dari sejumlah pemimpin negara di dunia. Di antaranya dari Raja Salman, Arab Saudi.
 
"Dia menyampaikan dukacitanya kepada Presiden Jokowi saat membuka pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa G20 secara virtual, Kamis, 26 Maret 2020 malam waktu Indonesia," tulis Medcom.id dalam laporannya pada Jumat 27 Maret 2020.
 

[Cek Fakta] Benarkah Presiden Jokowi Bongkar Makam Ibunya?
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) membongkar makam almarhumah ibunda, Sujiatmi Notomiharjo, adalah salah. Faktanya tidak ada informasi valid mengenai hal itu.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

Referensi:
1.https://www.documentingreality.com/forum/f10/different-stages-decomposition-10393/
2.https://www.medcom.id/foto/news/9K50RMxk-ibunda-jokowi-dimakamkan-di-samping-suaminya
3.https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/ybJGMlBk-pemimpin-dunia-ucapkan-belasungkawa-wafatnya-ibunda-jokowi
4.https://www.medcom.id/foto/news/lKYxXLAk-jokowi-ikut-menguburkan-jenazah-ibunda
5.https://www.medcom.id/nasional/daerah/akW5yzdN-gerimis-iringi-pemakaman-ibunda-jokowi
6.https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/dN60rQ0k-ibunda-presiden-joko-widodo-wafat
7.https://twitter.com/jokowi/status/1243186832319188993
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 


 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif