Tangkapan layar informasi satire di media sosial
Tangkapan layar informasi satire di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Foto Habib Rizieq Promosikan Bentuk Salib? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 11 Agustus 2020 07:48
Beredar sebuah foto memperlihatkan petinggi FPI Habib Rizieq Shihab sedang berdiri di atas mobil. Foto itu beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Hendro Budi Santoso yang turut mengunggah foto tersebut, Senin 10 Agustus 2020. Akun itu mengaitkan pose Habib Rizieq dengan bentuk salib.
 
Berikut narasi selengkapnya:


"Dia tidak Pantas jadi panutan
MUSLIM
Karena mempromosikan
Bentuk SALIB," tulis akun facebook Hendro Budi Santoso.


Unggahan ini direspons sejumlah warganet. Terdiri dari 38 emotikon, 18 komentar dan 24 kali dibagikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Foto Habib Rizieq Promosikan Bentuk Salib? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa foto itu memperlihatkan Habib Rizieq mempromosikan bentuk salib, tidak berdasar. Faktanya, foto itu memperlihatkan ekspresi Habib Rizieq di tengah pendukungnya.
 
Berdasarkan teknik padanan gambar via google image, kami menemukan foto identik. Antara lain seperti yang dimuat Tribunnews.com, Kamis 12 Januari 2017.
 
Foto itu diabadikan Wartawan Tribun Jabar Gani Kurniawan. Kala itu, Habib Rizieq menyapa sejumlah pendukungnya usai diperiksa Polda Jawa Barat (Jabar) terkait dugaan kasus penghinaan Pancasila.


"Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq menyapa ribuan anggota FPI diiringi salawat seusai menjalani pemeriksaan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (12/1/2017). Kehadiran Habib Rizieq di Mapolda Jabar dalam rangka memenuhi panggilan tim penyidik Polda Jabar terkait dugaan kasus penghinaan Pancasila. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN," tulis Tribunnews.com dalam laporannya, Kamis 12 Januari 2017.


 
[Cek Fakta] Foto Habib Rizieq Promosikan Bentuk Salib? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa foto itu memperlihatkan Habib Rizieq mempromosikan bentuk salib, tidak berdasar. Faktanya, foto itu memperlihatkan ekspresi Habib Rizieq di tengah pendukungnya.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
 
Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
 
Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
 
Sebelumnya, Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), sebuah ormas di Solo, Jawa Tengah mempermasalahkan logo HUT ke-75 RI yang dirilis Kementerian Sekretaris Negara (Kemsetneg). Ormas ini merasa keberatan karena logo HUT tersebut menyerupai simbol salib.


"Tidak rumit untuk mengenali simbol ini," kata Humas DSKS Hendro Sudarsono seperti dilansir Tribun Jateng, Jumat 7 Agustus 2020.


 
[Cek Fakta] Foto Habib Rizieq Promosikan Bentuk Salib? Ini Faktanya
 

Kemsetneg mengklarifikasi anggapan tersebut. Kemsetneg meyakini logo itu telah sesuai dengan pedoman visual penggunaan logo peringatan HUT ke-75.

"Sesuai dengan pedoman visual penggunaan logo peringatan HUT ke-75 RI," kata Sekretaris Kemensetneg Setya Utama seperti dilansir CNNIndonesia.com, Senin 10 Agustus 2020.


 
[Cek Fakta] Foto Habib Rizieq Promosikan Bentuk Salib? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.tribunnews.com/images/regional/view/1684270/habib-rizieq-diperiksa-polda-jabar#img
https://jateng.tribunnews.com/2020/08/07/ormas-solo-protes-keras-logo-hut-ke-75-ri-karena-menyerupai-simbol-salib
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200810191415-20-534222/istana-klarifikasi-logo-hut-ri-mirip-salib
https://archive.today/FJYm7
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected]
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif