Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook
Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Foto Penampakan Jalan Layang Tol di Papua Dibangun di Era Jokowi? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 07 Juli 2020 16:57
Beredar sebuah foto jalan layang tol yang dinarasikan sebagai jalan Trans Papua yang dibangun di era Presiden Joko Widodo. Foto ini beredar di media sosial Facebook.
 
Akun Facebook atas nama Efendi Baharudin mengunggah foto ini pada 4 Juli 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi.
 
"Alamak , Kenikmatan apalagi yg akan didustakan, sekarang Papua mempunyai jalan Trans Papua yg kinclong dan mulus. Papua dapat menikmati ini setelah 74 tahun merdeka, terlambat memang, tetapi lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.
Terimakasih pak Presiden,terimakasih pak Jokowi."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Unggahan foto ini mendapatkan 58 respon dari warganet. Serta 39 komentar dan 37 kali dibagikan. "Papua tdk perlu jlan tol sperti yg dijelaskan gubernur Papua,tp demi pecitraan jalan tol dibangun dan rugi besar setiap bulan,begitu juga LRT Palembang yg truzz rugiiii" komentar akun atas nama Mohsin Alhabsy
 
"Aku bangga punya presiden pak jokowi." komentar akun Ahmad Saleh
 

[Cek Fakta] Foto Penampakan Jalan Layang Tol di Papua Dibangun di Era Jokowi? Ini Faktanya

 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran kami, klaim bahwa foto jalan layang tersebut merupakan jalan Trans Papua yang dibangun di era Jokowi adalah salah. Faktanya, foto tersebut ada salah satu ruas Jalan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) yang menghubungkan Jakarta ke Kota Bandung.
 
Foto serupa ditemukan dalam artikel berjudul "Per 1 November, Tarif 15 Ruas Tol Naik" yang dimuat situs katadata.co.id pada 30 Oktober 2015.
 
Dalam foto di artikel tersebut terdapat keterangan foto "Kendaraan melintas di ruas tol Cipularang Jawa Barat".
 

[Cek Fakta] Foto Penampakan Jalan Layang Tol di Papua Dibangun di Era Jokowi? Ini Faktanya

 
Seperti dilansir Tempo.co, Tol Cipularang sendiri diresmikan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 12 Juli 2005. Pembangunanya dimulai sejak tahun 2002.
 
Ruas tol Cipularang membentang sepanjang 54 kilometer melewati tiga kabupaten. Di antaranya Karawang, Purwakarta dan Bandung Barat. Pembangunan tol ini terbagi menjadi dua tahap. Tahap Pertama ruas Cikampek-Sadang dan Padalarang-Cikamuning. Tahap kedua, Sadang-Cikamuning.
 

[Cek Fakta] Foto Penampakan Jalan Layang Tol di Papua Dibangun di Era Jokowi? Ini Faktanya
 

Dilansir cek fakta Tempo, dalam artikel berjudul "[Fakta atau Hoax] Benarkah Jokowi Bangun Jalan Tol di Papua ? menjelaskan adapun proyek yang sedang dilaksanakan Pemerintahan Joko widodo saat ini adalah jalan Trans Papua sepanjang 4.330,07 kilometer. Jalan nasional tersebut menghubungkan Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua, membentang dari Kota Sorong hingga Merauke.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa foto jalan layang tersebut merupakan jalan Trans Papua yang dibangun di era Jokowi adalah salah. Faktanya, foto tersebut ada salah satu ruas Jalan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) yang menghubungkan Jakarta ke Kota Bandung.
 
Informasi ini jenis hoaks False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
1.https://nasional.tempo.co/read/63797/presiden-resmikan-tol-cipularang-dan-pasupati
2.https://cekfakta.tempo.co/fakta/59/fakta-atau-hoax-benarkah-jokowi-bangun-jalan-tol-di-papua
3.https://katadata.co.id/berita/2015/10/30/per-1-november-tarif-15-ruas-tol-naik
4.https://archive.md/wtKv6

 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif