Ustaz Yusuf Mansur (UYM) /ANTARA/Widodo S. Jusuf
Ustaz Yusuf Mansur (UYM) /ANTARA/Widodo S. Jusuf

[Hoaks] Ustaz Yusuf Mansur Minta Alumni 212 Bertobat

Medcom Files Cek Fakta
Sobih AW Adnan • 03 Desember 2019 16:43
Beredar di media sosial sebuah artikel berjudul "UYM: Sholat Dimonas Itu Dosa Karena Dinaggap Riya, Semoga Para Alumni 212 Segera Bertobat". Inisial UYM merujuk pada nama Ustaz Yusuf Mansur.
 
Dalam narasi yang disematkan, para pengunggah menghubungkan komentar yang mencatut nama Yusuf Mansur tersebut terhadap pelaksanaan Reuni Akbar 212 yang digelar pada Senin, 2 Desember 2019.
 
Penelusuran:
Setelah ditelusuri tim Cek Fakta Medcom.id, artikel berjudul "UYM: Sholat Dimonas Itu Dosa Karena Dinaggap Riya, Semoga Para Alumni 212 Segera Bertobat" berasal dari situs Merdekaind.blogspot.com. Blog yang menyaru nama dan logo situs berita Merdeka.com tersebut memuat narasi sebagai berikut:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
MERDEKAIND,- Massa dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti shalat tahajud di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta sebagai bagian kegiatan damai Reuni 212. Wartawan MERDEKAIND yang memantau kegiatan di Monas, Jakarta Pusat, Senin dini hari melaporkan shalat tahajud itu dipusatkan di sisi barat kawasan Monas.
 
Shalat tahajud itu dipimpin oleh Imam Syekh Amar dari Palestina yang dimulai pukul 03.00 WIB.
 
Peserta reuni terlihat khusyuk melaksanakan ibadah shalat tahajud meski cuaca di sekitar lapangan Monas cukup dingin dan angin berdesir.
 
Namun Kekhusyuan ini menurut Ustadz Yusuf Mansur lebih ke riya, yaitu ingin dipuji, semoga mereka segera bertobat.
 
"Dalam bahasa Arab, arriya berasal dari kata kerja raa yang bermakna memperlihatkan. Riya merupakan memperlihatkan sekaligsu memperbagus suatu amal ibadah dengan tujuan agar diperhatikan dan mendapat pujian dari orang lain. Riya termasuk karena meniatkan ibadah selain kepada Allah SWT, semoga mereka segera bertobat" ucap Yusuf Mansur.
 
Panitia setempat melalui pengeras suara mengumumkan setelah shalat tahajud, kemudian dilanjutkan istighatsah yang disampaikan oleh Buya Kurtubi dari Banten.
 
Setelah itu, dilanjutkan dengan dzikir menjelang dilaksanakan shalat subuh berjamaah.
 
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran.
 
Panitia menyebutkan kegiatan damai Reuni 212 tersebut tidak hanya diikuti peserta dari Jakarta dan kota sekitarnya tetapi juga dari beberapa daerah seperti Solo, Yogyakarta hingga Aceh.
 
[Hoaks] Ustaz Yusuf Mansur Minta Alumni 212 Bertobat

Keberadaan nama Yusuf Mansur dalam artikel tersebut merupakan hasil tindakan pencatutan. Melalui akun Instagram terverifikasi @yusufmansurnew, Ustaz Yusuf Mansur menegaskan bahwa dirinya tidak pernah berkomentar seperti yang ditulis dalam artikel tersebut.
 
Alhamdulillaah saya GA PERNAH bcr ini.
Be the Santuyers.... Be the Kalemers... .
Sholluu 'alannabiyy...
 
[Hoaks] Ustaz Yusuf Mansur Minta Alumni 212 Bertobat

 
Kesimpulan:
Pernyataan yang mencatut nama Ustaz Yusuf Mansur (UYM) berbunyi "Sholat di Monas Riya, Semoga Alumni 212 Bertobat" adalah hoaks. UYM sudah mengeluarkan bantahan bahwa dirinya tidak pernah mengeluarkan komentar tersebut.
 
Disinformasi ini masuk ke dalam kategori fabricated content alias konten palsu. Konten tersebut dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta.
 
Referensi:
- https://www.instagram.com/yusufmansurnew/
 
- https://www.merdeka.com/
 
Sumber:
- https://merdekaind.blogspot.com/2019/06/kpu-mengakui-sangat-sulit-siapkan.html
 

(SBH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif