Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Ribka Tjiptaning Sebut Ibunda Jokowi Ketum Gerwani Hoaks, Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 03 Oktober 2020 16:14
Beredar sebuah tangkapan layar artikel berita berjudul "Tjiptaning: Jokowi Tak Berani Gebuk Saya Karena Ibunya Ketum Gerwani". Artikel ini beredar di media sosial facebook.
 
Akun Facebook atas nama Prasetyo Widodo membagikan ulang tangkapan layar berita ini pada 3 September 2020 dari pemilik akun Facebook atas nama Siti Aisah Bawazier. Dalam unggahannya ia memberikan narasi sebagai berikut.


"Semua akan saling bongkar pada waktunya..????"


[Cek Fakta] Ribka Tjiptaning Sebut Ibunda Jokowi Ketum Gerwani Hoaks, Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim politikus PDIP Ribka Tjiptaning menyebut ibunda Jokowi Ketum Gerwani adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid terkait pernyataan Ribka Tjiptaning tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dilansir dari Tirto.id, ibunda Jokowi bernama Sudjiatmi. Sudjiatmi lahir pada 15 Februari 1943 di Desa Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah. Sudjiatmi menikah dengan Widjiatno Notomihardjo pada 1959. Pasangan ini lalu pindah dari Boyolali ke Srambatan, Solo bagian utara. Pada 21 Juni 1961, lahir anak pertama mereka, Joko Widodo. Sudjiatmi dan suaminya memang orang biasa yang bahkan pernah mengalami kehidupan sulit. Keluarga ini beberapa kali pindah rumah, termasuk pernah tinggal di permukiman kumuh di bantaran kali. Meski pernah mengalami masa sulit, pasangan Notomiharjo dan Sudjiatmi menyekolahkan Jokowi hingga ke perguruan tinggi, hingga sang putra merintis usaha mebel dan bisa memperbaiki taraf kesejahteraan keluarga.
 

[Cek Fakta] Ribka Tjiptaning Sebut Ibunda Jokowi Ketum Gerwani Hoaks, Ini Faktanya
 
Dilansir dari Tempo, dua dosen Wawan dari Fakultas Ilmu Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada dan Ramdhon pengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Negeri Sebelas Maret. Dalam buku "Jokowi dari Bantaran Kalianyar ke Istana", membantah fitnah yang menyebut Jokowi merupakan keturunan dari keluarga yang terkait dengan PKI.
 
Salah satu dosen yang menulis buku tersebut, Wawan Mas'udi, bercerita terkait sejarah asal-usul Jokowi mulai dari kakek-nenek serta kedua orang tuanya. Kakek Jokowi dari jalur ayah, Lamidi Wiryomiharjo, merupakan kepala desa di Desa Krajan, Karanganyar, yang menjabat sejak 1950 hingga 1980-an. Jabatan Lamidi, menurut dia, sekaligus membantah fitnah bahwa Jokowi merupakan keturunan dari simpatisan PKI.
 

Kesimpulan:
Klaim politikus PDIP Ribka Tjiptaning menyebut ibunda Jokowi Ketum Gerwani adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid terkait pernyataan Ribka Tjiptaning tersebut.
 
Informasi ini jenis hoaks Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
[Cek Fakta] Ribka Tjiptaning Sebut Ibunda Jokowi Ketum Gerwani Hoaks, Ini Faktanya
Referensi:
1.https://tirto.id/sekilas-sejarah-hidup-mien-uno-mama-sandiaga-sudjiatmi-ibu-jokowi-dgPe
2.https://cekfakta.tempo.co/fakta/832/fakta-atau-hoaks-benarkah-ribka-tjiptaning-sebut-ibu-jokowi-ketua-gerwani-pki
3.https://archive.vn/EJbbB
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif